ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Ramadan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba! Setiap tahunnya, bulan puasa disambut dengan sukacita oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk masyarakat di negeri kita. Sebagai negara yang memiliki ragam suku dan budaya, berbagai daerah di Indonesia memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam merayakan bulan suci Ramadan. Selain ibadah dan upacara adat yang telah berlangsung turun-temurun, ada pula kudapan-kudapan tradisional khas daerah tertentu yang hanya dapat ditemui di bulan Ramadan. Simak makanan berbuka puasa khas Indonesia yang wajib kamu coba di artikel ini!


Bongko Kopyor

Es kopyor memang sudah sering ditemui sebagai hidangan buka puasa, tetapi bongko kopyor mungkin masih terdengar asing. Namanya yang unik adalah kombinasi dari kata bubur nongko (nangka) dan kopyor yang menjadi bahan-bahan utamanya. Makanan khas Gresik, Jawa Timur ini adalah kudapan manis serupa puding yang terbuat dari tepung beras yang dikukus di dalam bungkusan daun pisang. Dilengkapi dengan topping pisang, nangka, kelapa muda, roti, dan disiram kuah santan, bongko kopyor menjadi sajian andalan saat berbuka puasa. 

Ketan Bintul

Masih dengan kudapan berbahan baku ketan, ketan bintul adalah makanan khas dari Serang, Banten yang kerap hadir saat bulan puasa. Potongan ketan yang kenyal dipadu dengan gula jawa dan serundeng (parutan kelapa) menjadi kombinasi yang unik antara cita rasa manis dan gurih. Beberapa versi dari ketan bintul juga disajikan dengan kuah rendang daging. Konon, ketan bintul adalah makanan kesukaan penguasa Kerajaan Banten, Sultan Maulana Hasanuddin. Tertarik buat mencoba makanan favorit Sultan?

Asida

Pulau Maluku yang memiliki sejarah sebagai tempat singgah di tengah jalur perhubungan laut zaman kolonial membuatnya kaya dengan pengaruh berbagai budaya. Salah satu buktinya tampak pada sajian tradisional Maluku yang bernama asida. Makanan manis ini terbuat dari adonan tepung terigu, gula merah, dan daun pandan. Rempah-rempah seperti kapulaga dan kayu manis yang terinspirasi dari cita rasa khas Arab menambah nikmat manisnya asida. Teksturnya yang kenyal seperti dodol membuat asida menjadi makanan yang dicari-cari untuk berbuka puasa.

Mie Glosor

Kalau kamu lebih suka makanan gurih, mie glosor khas Bogor dapat menjadi pilihan kudapan berbuka puasa. Glosor sendiri adalah istilah dalam bahasa Sunda yang berarti melorot, seperti tekstur mie yang licin dan mudah ditelan. Disajikan dengan kuah kuning dari bumbu kunyit, mie glosor yang menggugah selera siap membuat kamu kenyang setelah seharian berpuasa. Jangan lupa tambahan saus kacang, gorengan, dan kerupuk supaya makin nikmat.

Sotong Pangkong

Di Pontianak, Kalimantan Barat, Ramadan diramaikan dengan kehadiran sotong pangkong yang gurih. Memanfaatkan hasil laut berupa sotong atau cumi-cumi, sotong pangkong mengambil namanya dari cara pembuatan kudapan ini yang unik. Sotong yang sudah dikeringkan dipanggang dulu selama beberapa saat sebelum dipukul-pukul atau dalam bahasa Melayu disebut dipangkong dengan palu hingga pipih. Para penjual sotong pangkong percaya bahwa sotong menjadi semakin gurih setelah dipukul berulang kali. Melihat pembeli yang mengantri sejak sore hari untuk sajian ini, rasanya mereka nggak salah!


Bulan Ramadan memang membawa banyak berkah, termasuk juga nikmat makanan yang dapat kita santap untuk sahur dan berbuka. Sudah siap menikmati jajanan khas nusantara di bulan puasa tahun ini?