ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Ramadan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba! Setiap tahunnya, bulan puasa disambut dengan sukacita oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk masyarakat di negeri kita. Sebagai negara yang memiliki ragam suku dan budaya, berbagai daerah di Indonesia memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam merayakan bulan suci Ramadan. Selain ibadah dan upacara adat yang telah berlangsung turun-temurun, ada pula kudapan-kudapan tradisional khas daerah tertentu yang hanya dapat ditemui di bulan Ramadan. Simak makanan berbuka puasa khas Indonesia yang wajib kamu coba di artikel ini!


Bongko Kopyor

Es kopyor memang sudah sering ditemui sebagai hidangan buka puasa, tetapi bongko kopyor mungkin masih terdengar asing. 

Ketan Bintul

Masih dengan kudapan berbahan baku ketan, ketan bintul adalah makanan khas dari Serang, Banten yang kerap hadir saat bulan puasa. 

Asida

Pulau Maluku yang memiliki sejarah sebagai tempat singgah di tengah jalur perhubungan laut zaman kolonial membuatnya kaya dengan pengaruh berbagai budaya. 

Mie Glosor

Kalau kamu lebih suka makanan gurih, mie glosor khas Bogor dapat menjadi pilihan kudapan berbuka puasa. Glosor sendiri adalah istilah dalam bahasa Sunda yang berarti melorot, seperti tekstur mie yang licin dan mudah ditelan. 

Sotong Pangkong

Di Pontianak, Kalimantan Barat, Ramadan diramaikan dengan kehadiran sotong pangkong yang gurih. 

Bulan Ramadan memang membawa banyak berkah, termasuk juga nikmat makanan yang dapat kita santap untuk sahur dan berbuka. Sudah siap menikmati jajanan khas nusantara di bulan puasa tahun ini?