ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Termasuk dalam hal makan, tidak ada menu makanan mewah maupun makanan instan dan cepat saji seperti yang biasa kita santap sekarang ini. Jaman dulu, makanan yang disantap relatif sederhana dan minim pengolahan. Meski sederhana juga tak banyak pengolahan yang dilakukan untuk membuat bahan makanan ini lebih fancy seperti makanan sehari-hari kita saat ini, lima makanan sederhana khas tempo dulu ini juga punya manfaat dan memenuhi gizi harian tubuh. Apa saja sih?



https://i.ytimg.com/

 

Pisang rebus

Pisang rebus menjadi salah satu jenis makanan yang relatif umum dikonsumsi masyarakat jaman dulu. Hal ini dikarenakan pohon pisang banyak ditemukan tumbuh secara liar di area pedesaan, sehingga buah ini menjadi sumber makanan yang relatif mudah didapatkan. Proses memasaknya pun tidak rumit, hanya dengan direbus. Biasanya opsi ini digunakan untuk membuat daging buah menjadi lebih lembut dan mudah dicerna.

Menu pisang rebus tidak hanya praktis karena mudah didapat dan mudah diproses, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi pisang rebus ini antara lain: melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan mata, menjaga fungsi jantung agar tetap normal, memperlancar proses pencernaan, membantu mencegah tekanan darah tinggi, membantu mencegah sulit buang air besar, menjaga kesehatan ginjal, meminimalisir timbulnya penyakit maag, memberikan sumber tenaga, juga tinggi kalium untuk mencegah stroke.

 

 

https://thumbor.medkomtek.com

 

Singkong dan ubi rebus/kukus

Bahan makanan yang bisa jadi sumber gizi utama selanjutnya adalah singkong dan ubi. Singkong dan ubi dikenal sebagai makanan sumber karbohidrat pengganti nasi, namun hanya sedikit berbeda pada rasa. Singkong memiliki rasa yang relatif tawar sedangkan ubi relatif manis. Ubi juga dikenal sebagai bahan pangan yang memiliki gizi pelengkap seperti vitamin (B kompleks dan C) juga fosfor. Hampir sama seperti pengolahan pisang, baik singkong dan ubi ini biasanya diproses dengan cara direbus, namun variasi lainnya bisa dengan cara dikukus.

Bagaimana kandungan gizinya? Tak perlu ditanyakan. Singkong dikenal memiliki kandungan vitamin dan zat gizi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh. Manfaat singkong juga tidak kalah hebat, mulai dari menjaga kesehatan jantung dengan mengendalikan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kanker, membantu menurunkan tingkat kecemasan, sampai mencegah anemia. Sedangkan ubi dikenal sebagai bahan pangan yang punya keunggulan dalam menjaga tubuh dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini, mengatasi infeksi dan peradangan, hingga mencegah terjadinya pembekuan darah. Sounds nice?

 

 

https://img-global.cpcdn.com

 

Nasi jagung

Nasi jagung merupakan jenis makanan yang terbuat dari jagung pipil atau jagung yang sudah tua, digunakan sebagai pengganti nasi yang diproduksi dari tanaman padi. Bentuknya memang mirip sekali dengan nasi sehingga dinamakan demikian. Nasi jagung kerap dijadikan menu makanan utama oleh masyarakat jaman peperangan dulu karena menggantikan nasi dari pagi yang memerlukan waktu lama untuk panen. Bagaimana dengan kandungan gizinya? Tidak perlu diragukan! Meski sebagai sumber karbohidrat, namun nasi jagung justru direkomendasikan untuk para penderita diabetes karena kandungan seratnya yang relatif tinggi dibandingkan nasi dari padi. Selain itu, kandungan vitaminnya yang kompleks juga mendukung nasi jagung sebagai bahan pangan yang memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

 

 

http://img.ulinulin.com

 

Telur asin

Jenis makanan selanjutnya adalah telur asin. Telur asin sendiri merupakan jenis makanan yang relatif istimewa dibandingkan beberapa jenis makanan sebelumnya. Rasanya yang lezat juga gizinya yang beragam berkontribusi dalam meningkatkan imunitas tubuh sehingga penikmatnya mendapatkan manfaat tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit.

Sebagai sumber protein yang baik, telur asin punya beberapa manfaat seperti membantu tubuh dalam melakukan regenerasi sel, menaikkan massa otot menjadi lebih padat dan kuat, membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, meningkatkan metabolisme tubuh, mengatasi hipertensi, sampai membantu perkembangan otak karena kandungan omega 3 di dalamnya.

 

 

http://2.bp.blogspot.com

 

Nasi oyek

Mungkin tidak familiar namun nasi oyek ini dulunya menjadi salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi masyarakat di jaman peperangan. Bentuk dan teksturnya mirip sekali dengan Thiwul. Nasi oyek memiliki kandungan gizi yang diperlukan tubuh dan mirip dengan kandungan gizi pada nasi, namun tidak memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga aman bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan bahan utama Nasi Oyek itu sendiri adalah singkong. Saat ini, peredaran produk makanan Nasi Oyek memang tidak terlalu banyak. Akan tetapi produk Nasi Oyek ini sendiri masih ada dan dijual di pasaran. Kalau kamu tertarik mencoba, kamu bisa membelinya bahkan melalui platform jual beli makanan secara online.

 

Lima makanan khas jaman dulu yang menjadi konsumsi utama ketika masa perang ini bukan hanya mengenyangkan tetapi juga memenuhi kebutuhan gizi harian. Ini tentu dibutuhkan oleh masyarakat jaman dulu terutama para pejuang karena tentunya berfungsi dalam memberikan energi bagi tubuh. Pilihan makanan ini mungkin bisa menjadi referensi bagi kita karena selain mudah diproses, makanan jaman dulu juga relatif kaya nutrisi namun memiliki kalori rendah sehingga cocok untuk menu diet. Nah, ternyata ketahuan kalau justru makanan seperti ini lebih ramah terhadap tubuh kita bukan? Tertarik untuk mencoba pola makan harian dengan pilihan menu seperti ini