ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Badan Terasa Goyah dan Labil


©pexels

Satu tanda yang sangat jelas bahwa otot sudah kelelahan adalah ketika tangan mulai kesulitan untuk memegang sesuatu. Hal ini merupakan tanda terjadinya kegagalan otot. Memaksa untuk terus olahraga justru bisa menimbulkan terjadinya luka atau cidera pada otot.

Otot Seperti Ditusuk


©pexels

Jangan dikira otot yang membesar itu adalah hasil dari latihan. Bila diiringi dengan rasa sakit yang muncul mendadak, berarti ada yang salah dengan tubuhmu. Segeralah hentikan latihan dan beristirahat sampai pulih. Memaksanya untuk terus melahap porsi latian berisiko cidera otot atau sendi.

Bengkak pada Lutut atau Kaki Setelah Berlari


©Pexels

Coba periksa bagian lutut dan kaki setelah olahraga jogging. Bila terjadi kemerahan, bengkak, atau rasa nyeri, kemungkinan terjadi masalah pada bagian tubuh tersebut. Untuk sementara waktu beristirahatlah. Biarkan cidera tersebut sembuh. Setelahnya, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan peregangan yang cukup sebelum memulai jogging.

Nyeri yang Bertahan Lama


©Pexels

Sudah beberapa hari yang lalu latihan, tapi nyerinya tetap bertahan sampai sekarang. Wah, pasti ada yang nggak beres dengan otot. Bisa saja hal ini terjadi akibat adanya perlukaan pada jaringan otot, yang disebut juga dengan nyerti otot tertunda. Biasanya rasa sakit akan sembuh, setidaknya dalam dua hari. Namun bila nyerinya bertahan, berarti itu tanda bahwa olahragamu berlebihan.

Meski bikin badan jadi bugar, olahraga pun ternyata juga bisa mengancam kesehatan bila dilakukan secara berlebihan. Hilangkan kebiasaan buruk ini, #BeraniBeda mulai sekarang dengan mengetahui batasan dari kekuatanmu. Berlatih secara proporsional dan bertahap untuk hasil yang lebih maksimal.