ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Bagaikan surga di atas awan, desa yang terletak di Flores ini berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Untuk mencapai lokasi ini, kamu perlu trekking sejauh 7 km. Sesampainya di Desa Wae Rebo, kamu akan disambut dengan pemandangan gunung-gunung yang mengitari tujuh rumah adat berbentuk kerucut. Menakjubkan banget, deh!

 

2. Desa Trunyan, Bali

Ingin wisata ke Pulau Dewata yang antimainstream? Yuk, mampir ke Desa Trunyan! Desa yang satu ini punya tradisi pemakaman yang unik.

Warga yang meninggal diletakkan di bawah pohon taru menyan, yang terkenal akan keharumannya, sehingga dapat menetralkan bau jenazah.

Berada dekat dengan Danau Batur, kamu juga bisa saksikan langsung keindahannya yang diakui oleh UNESCO sebagai bagian dari Global Geoparks Network!

 

3. Desa Kete Kesu, Sulawesi Selatan

Terletak di Toraja Utara, desa ini menyimpan budaya kental yang bisa kita lihat dari rumah adat dan makam kunonya.

Rumah tradisional yang disebut dengan Tongkonan ini memiliki desain yang khas dengan tanduk kerbau yang tinggi menjulang dan atap menyerupai perahu.

Dalam pemakaman adat Toraja, jenazah diletakkan di tebing dan gua yang berada di belakang desa. Sepanjang perjalanan menuju makam adat, kamu pun bisa membeli oleh-oleh di pusat UMKM.

 

4. Kampung Tablanusu, Papua

Desa di pinggir pantai ini menawarkan banyak hal untuk kamu coba! Kamu bisa menikmati air laut yang jernih, snorkeling, trekking di hutan, mengeksplor peninggalan sejarah Perang Dunia II, hingga menemukan berbagai hewan endemik!

Uniknya, hampir seluruh bagian dari desa seluas 230 hektar ini tertutup batu alam kecil berwarna hitam. Kalau melangkah di atas batu ini, akan timbul bunyi khas seperti suara tangisan.

Nah, warga lokal punya trik khusus agar langkah mereka tidak berbunyi. Menariknya lagi, berjalan di sini juga bisa jadi pijat refleksi alami, lho!

 

Seru-seru, kan? Desa apa nih yang masuk ke bucket list kamu? Saat berlibur nanti, kamu dan keluarga tak perlu was-was dengan risiko cedera atau kecelakaan di perjalanan, kalau punya asuransi kecelakaan Bebas Aksi.

 

Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!