ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Kerak telor

Menu wajib saat ke Jakarta Fair ini sudah terkenal kelezatannya sejak zaman kolonial Belanda. Gurih dan enak, rahasia kerak telor ada di cara pembuatannya, yakni dengan arang dan anglo.

Perpaduan bahan, seperti beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi, bawang goreng, dan kelapa sangrai menghasilkan rasa khas Betawi yang nikmat.

 

2. Soto Betawi

Masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda Provinsi DKI Jakarta, sajian ini populer akan kegurihan dan rasa creamy-nya berkat kandungan santan dan susunya.

Berisikan daging dan jeroan sapi, semangkuk hangat soto Betawi semakin nikmat disantap dengan nasi hangat, bawang goreng, dan emping. 

 

3. Asinan Betawi

Dari pedas, gurih, manis hingga asam berpadu jadi satu dalam hidangan asinan Betawi. Kombinasi rasa yang nikmat dari sayur, bumbu kacang, tahu putih, dan kerupuk mi kuning atau merah  ada di sajian ini. 

Nama asinan sendiri terinspirasi dari cara pembuatannya yang mengawetkan sayur dan buah dalam larutan air dan garam. Teknik pengasinan ini merupakan pengaruh dari kebudayaan Tionghoa. 

 

4. Kue pancong

Rasanya yang crispy di luar, dan lembut di dalam membuat kue pancong cocok untuk jadi teman minum teh kamu di sore hari.

Jajanan tradisional berbentuk setengah lingkaran ini punya rasa yang gurih berkat tambahan potongan kelapa dan gula pasir di atasnya.

 

5. Es selendang mayang

Dessert segar khas Betawi ini enak dan punya tampilan yang menarik! Isian es ini terbuat dari tepung sagu aren dengan tekstur seperti puding atau kue lapis dengan kombinasi warna putih, hijau, dan merah muda.

Kue lapis ini kemudian disiram dengan gula merah atau sirup merah, air santan, dan es batu. Minuman kegemaran orang Betawi dan Belanda ini merupakan menu yang populer di musim panas.

           

Ngidam sajian khas Betawi? Tenang, di zaman serba online ini, kamu bisa membelinya dengan mudah di aplikasi pesan antar.

 

Kemudahan di dunia digital ini juga bisa kamu rasakan saat membeli asuransi kesehatan secara online, seperti Asuransi Bebas Handal yang berbasis syariah dan lengkap.  

 

Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun. Selengkapnya di: https://www.fwd.co.id/products/health/bebas-handal/.



Sumber :

https://katadata.co.id/redaksi/berita/610911cf0faad/datang-ke-jakarta-ini-23-makanan-khas-betawi-yang-wajib-anda-cicipi

https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/gurih-dan-legitnya-kerak-telor/

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4615878/sejarah-di-balik-kenikmatan-semangkuk-soto-betawi

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210416151741-262-630885/sepotong-cerita-perpaduan-budaya-di-balik-manis-gurih-asinan/2

https://id.theasianparent.com/asinan-betawi

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210416151741-262-630885/sepotong-cerita-perpaduan-budaya-di-balik-manis-gurih-asinan/2

https://www.ensiklopediaindonesia.com/4214/kue-pancong-si-gurih-dari-betawi/

https://www.kompas.com/food/read/2021/06/22/123200675/ulang-tahun-ke-494-jakarta-kenali-sejarah-es-selendang-mayang-betawi?page=all