ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.      Mengandung sedikit karbohidrat

 

 

mariskatracy.com

 

 

Karbohidrat seringkali dianggap bad food untuk diet. Padahal, nggak semua karbohidrat itu buruk lho. Contohnya adalah kandungan karbohidrat dalam mi shirataki. Mi shirataki adalah jenis mi yang berasal dari Jepang. Jepang sudah sering disebut sebagai Negara yang mendukung bagi rakyatnya untuk tidak bisa gemuk. Ternyata, mi shirataki adalah salah satu rahasianya, lho! Seperti mi lainnya, Mi shirataki juga mengandung karbohidrat. Namun kandungannya lebih sedikit.

 

Seperti bihun, mi shirataki berwarna bening. Mi ini terbuat dari glucomannan, serat yang berasal dari akar tanaman konjak. Tanaman konjak dapat ditemukan di Jepang, Tiongkok, dan wilayah asia tenggara lainnya. Tanaman konjak juga bisa disebut sebagai umbi gajah.

 

2.      Menekan hormone ghrelin, tubuh kenyang lebih lama

 

 

herworld.co.id

 

Dalam proses diet, tentunya kamu ingin merasa kenyang lebih lama, kan? Dengan merasa kenyang lebih lama, kamu nggak perlu lagi sering ngemil dan membuat berat badanmu semakin bertambah.

 

Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan mengonsumsi serat glucomannan selama 4 minggu dapat menurunkan hormon ghrelin. Hormon ghrelin adalah hormon yang menciptakan rasa lapar pada tubuh. Dengan menurunnya hormon ini, kamu akan lebih lama merasa kenyang. Alhasil, kamu bisa lebih mengontrol porsi makan.

 

Dalam jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine, orang yang makan serat glucomannan selama 4-8 minggu bisa menurunkan berat badan hingga 2,5 kg. Ternyata dengan makan bisa membuatmu menurunkan berat badan, lho!

 

3.      Kandungan serat tinggi bantu atasi sembelit

 

 

1.bp.blogspot.com

 

Seringkali, seseorang merasa begah akibat sembelit. Sembelit menjadi salah satu penyebab berat badanmu nggak mau turun, lho! Mi Sirataki memiliki kandungan serat yang tinggi. Glucomannan mengandung polisakarida yang dapat membantu kerja usus dengan merangsang pertumbuhan bakteri baik. Saat pergerakan di usus lancar, tubuh semakin mudah untuk melakukan pembuangan feses. Ternyata, serat glucomannan memang sudah lama bisa mengatasi sembelit parah pada anak, lho!

 

4.      Serat dapat menurunkan kadar kolestrol

 

 

soc-phoenix.s3.amazonaws.com

Serat glucomannan masih memiliki manfaat lainnya, lho! Seperti serat pada umumnya, glucomannan dalam mi shirataki membantu menurunkan kadar kolestrol dalam aliran darah. Dalam sebuah jurnal American College of Nutrition, serat glucomannan membantu peningkatan jumlah kolestrol dalam feses. Semakin besar tingkat kolestrol dalam feses, semakin rendah kadar kolestrol yang ada dalam tubuh.

Dalam penelitian lainnya, The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa dengan mengkonsumsi serat glucomannan, kadar kolestrol jahat (LDL) dapat berkurang hingga 16mg/dL. Kadang trigliserida juga mengalami penurunan sampai 11mg/dL.

 

5.      Baik untuk penderita diabetes

 

 

i0.wp.com/sukses123yes.com

 

Satu lagi manfaat dari serat glucomannan, serat ini dapat menurunkan kadar gula darah. Jenis serat ini dapat menunda pengosongan perut sehingga menurunkan resiko resistensi insulin. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi serat glucomannan selama 3 minggu mengalami penurunan fruktosamin.

 

Mi shirataki memang benar memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, kan? Sudah siap menjadikan jenis mi ini salah satu menu diet sehatmu?