ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa Itu Metode FIRE?

Agar bisa pensiun di usia 30 atau 40-an, metode FIRE mengajak kamu untuk menabung dan berinvestasi secara agresif sebesar 50–75 persen dari pendapatanmu.

Caranya, kamu bisa tekan pengeluaran serendah mungkin dan cari cara untuk tingkatkan income. Jika tabunganmu sudah mencapai sekitar 30 kali pengeluaran tahunanmu, kamu bisa berhenti bekerja dan mulai pensiun.

 

Apa Tujuan Metode FIRE?

Ketika kamu sudah mengantongi dana pensiun, kamu bebas lakukan yang kamu mau. Opsimu tak terbatas, dari berhenti bekerja full-time dan mulai bekerja paruh waktu, atau berhenti bekerja sama sekali.

Dengan kebebasan finansial, kamu bisa lakukan apa pun sesuai dengan passion-mu. Bonusnya, metode ini juga melatih kita untuk lebih mindful dari segi pengeluaran.

 

Apa Prinsip Metode FIRE?

Upayakan untuk menabung hingga 70 persen dari pendapatanmu. Selain itu, kamu juga bisa mempraktikkan konsep frugal living, membayar seluruh utang dan cicilan, serta berinvestasi.

Pastikan kamu juga memiliki dana darurat sebesar 3–6 bulan pengeluaranmu ya. Jika kamu butuh dana cepat, kamu tidak harus mencairkan investasi yang posisinya belum tentu sedang menguntungkan.

 

Cek Pertimbangan Ini!

Untuk menghitung dana pensiun, biasanya 25x rule dan 4% rule ini dipakai. Aturan pertama mensyaratkan kamu untuk menabung sekitar 25 kali dari pengeluaran tahunanmu.

Misalkan, biaya bulanan kamu Rp5 juta, kalikan dengan 12, lalu kalikan dengan 25. Hasilnya, kamu membutuhkan Rp1,5 miliar untuk pensiun. Nah, 4% rule berarti pensiunan bisa menarik sekitar 4 persen dari tabungan mereka setiap tahunnya.

Perlu diingat, rule ini didesain untuk meng-cover 30 tahun masa pensiun. Jika kamu pensiun dini di usia 40 atau 50 tahun, kamu perlu tambahkan jumlahnya.

 

Yuk, Siapkan Hari Depan dari Sekarang!

Untuk menjaga kestabilan finansial di masa pensiun, kamu juga bisa memiliki asuransi jiwa FWD Whole Life Protection.

Pada usia ke-75, kamu akan mendapatkan Manfaat Hidup sebesar 50% Uang Pertanggungan untuk wujudkan masa tua impian. Sisa Uang Pertanggungannya akan diberikan jika terjadi risiko terminal illness atau meninggal dunia. Cek selengkapnya di sini!



Sumber: