ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Menentukan karakter

Investor mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang dengan membeli saham yang mempunyai nilai dan performa yang baik. Trader memanfaatkan fluktuasi harga saham lewat transaksi jangka pendek hingga menengah. Sedangkan, spekulan hanya mengandalkan rumor dan tidak menggunakan analisis dalam bertransaksi. 


Mengenali keuntungan investasi saham

Terdapat dua jenis keuntungan, yaitu capital gain dan pembagian dividen. Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga pembelian dan penjualan saham. Sedangkan, dividen merupakan keuntungan yang dibagikan perusahaan kepada pemegang sahamnya sesuai dengan porsi kepemilikan masing-masing.


Mencari tahu sebanyak-banyaknya

Jangan membeli sesuatu yang tidak kamu mengerti. Kenali cara berinvestasi saham, pengelolaan portofolio, manajemen risiko hingga siklus pasar yang sering terjadi di bursa saham. BEI menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal bagi kamu yang ingin mengenal saham di https://sekolahpasarmodal.idx.co.id/// 

 

Memilih broker

Untuk memulai, kamu perlu membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Pilihlah perusahaan sekuritas yang memiliki izin Perantara Pedagang Efek (PPE) atau Wakil Perantara Pedagang Efek dari OJK dan tercatat oleh BEI. Siapkan KTP, NPWP, dan buku tabungan. Kemudian, isi formulir perusahaan sekuritas. Setelah rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN) siap, kamu dapat mentransfer dana ke RDN.

 

Melakukan setoran awal

Setiap perusahaan sekuritas memiliki ketentuan besaran setoran awal minimum yang berbeda. Setoran awal ini akan masuk ke RDN milik kamu. Setelah dana disetor dan efektif di RDN, kamu bisa mulai melakukan transaksi saham bahkan lewat aplikasi.

 

Mulai transaksi

Tentukan saham yang ingin kamu beli dan ingat kode sahamnya. Kamu bisa menetapkan harga yang kamu inginkan dan aplikasi akan menunjukkan harga penawaran (bid) dan harga penjualan (offer). Jika ingin pembelian langsung efektif, kamu bisa memasang harga beli sama dengan offer terendah. Jika ingin menjual, pilih saham dan tentukan harga jual dan jumlah lembar saham yang akan dijual. 

 

Dengan berinvestasi, kamu bisa semakin dekat dengan tujuan finansial.


Sumber:
[1]
https://www.finansialku.com/langkah-langkah-memulai-investasi-saham/

[2] https://mojok.co/auk/ulasan/pojokan/panduan-memulai-investasi-saham-bagi-pemula/

[3] https://www.finansialku.com/langkah-langkah-memulai-investasi-saham/

[4] https://duwitmu.com/saham/belajar-saham-pemula/amp/

[5] https://duwitmu.com/saham/belajar-saham-pemula/amp/

[6] https://finansial.bisnis.com/read/20190830/55/1142729/bingung-mau-investasi-saham-ini-cara-buka-rekening-saham

[7] http://yuknabungsaham.idx.co.id/mulai-investasi

[8] https://finansial.bisnis.com/read/20190830/55/1142729/bingung-mau-investasi-saham-ini-cara-buka-rekening-saham

[9] https://duwitmu.com/saham/cara-beli-saham-online/

[10] https://duwitmu.com/saham/cara-beli-saham-online/