ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Dua nama besar dari radio online, yakni Joox dan Spotify menjadi populer di Indonesia. Keduanya memiliki logo aplikasi berwarna hijau yang hampir sama. Fitur dan kegunaannya pun hampir sama. Tetapi keduanya memiliki popularitas yang saling bersaing. Apakah kamu sedang mempertimbangkan akan menggunakan aplikasi yang mana? Simak ulasan berikut mengenai kelebihan dan kekurangan Joox VS Spotify!



https://www.spiria.com

 

JOOX 

Developer: JOOX

Genre: Multimedia

Support platform: IOs, Android

Size: 92 Mb

Estimasi biaya Langganan: IDR 49.000.00 per bulan

 

Joox adalah salah satu layanan musik online yang bisa kamu nikmati gratis maupun berbayar. Seperti radio online pada umumnya, joox menyajikan puluhan ribu lagu dari berbagai genre yang bisa dipilih oleh penggunanya. Joox juga menyuguhkan video musik yang bisa diakses secara gratis. Bedanya jika kamu berlangganan sebesar 49.000 per bulan, kamu bisa memilih lagu-lagu yang kamu suka tanpa iklan.

 

Fitur JOOX

1.       Koleksi Musik

Di aplikasi JOOX ini, kamu bisa menemukan idola favoritmu dengan mudah. Joox memiliki koleksi lagu lengkap dari seluruh dunia. Uniknya, untuk bisa memutar lagu dengan bebas, kamu bisa membagikan lagu yang kamu suka ke media sosial untuk mendapatkan akses gratis tanpa membayar tagihan bulanan. Selain itu, Joox memiliki fitur Top Charts dan New Release yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui trend terbaru dari para musisi dunia. Dengan menggunakan Joox, kamu nggak bakal ketinggalan informasi terbaru tentang idolamu dan selalu update musik-musik baru.

 

2.       Tampilan

Apakah kamu tipe orang yang mendengarkan musik sambil melihat handphone? Kamu tidak perlu khawatir bosan dengan tampilan music player yang itu-itu saja. Joox menyediakan puluhan koleksi homescreen yang bisa kamu pilih. Sebagian besar lagu di Joox juga memiliki tampilan subtitle yang bisa kamu lihat sembari bersenandung menyanyikan lagu favoritmu.

 

3.       On The Go/Offline Play

Kamu suka mendengarkan lagu, tetapi tidak memiliki kuota? Tenang saja karena Joox punya solusinya. Kamu bisa mendengarkan lagu secara offline dengan berlangganan. Tapi, buat kamu yang sedang menghemat biaya, tetap bisa memanfaatkan fitur ini, lho! Joox membenamkan sistem auto cache yang memungkinkan para penggunanya untuk memutar kembali lagu yang pernah didengar tanpa harus terkoneksi dengan internet. Begitu ketemu wifi, kamu bisa putar banyak lagu agar saat tidak tersambung ke internet, kamu bisa tetap mendengarkan lagu favoritmu tanpa internet dan tanpa langganan!

 

4.       Streaming Radio

Joox memiliki fitur Editor’s Pick yang memungkinkanmu mendengarkan musik-musik berkualitas. Joox membayar editor professional untuk memasukkan playlist lagu terbaik. Kamu bisa mencoba fitur ini tanpa berbayar, ya!

 

5.       Karaoke

Untuk kamu penggemar musik, tentu saja fitur ini adalah salah satu yang paling unik dan menyenangkan. Dengan fitur karaoke, kamu bisa bernyanyi diiringi dengan instrument musik lagu favoritmu. Kamu bisa mendengarkan hasilnya dan Joox akan memandumu agar hasil rekaman terdengar lebih baik. Melalui fitur ini, kamu bisa mencari teman dengan saling berkomentar pada hasil karaoke mereka. Mereka juga bisa mendengarkan suara emas atau gaya konyolmu, lho! Lumayan kan bisa sekalian nambah teman dan gebetan di dunia maya yang punya hobi sama?

 

6.       Fitur tambahan

Ada banyak fitur lain yang menarik dari Joox, seperti lirik, timer, share sosial media, dan lain-lain.  Sebagian besar koleksi lagu di Joox memiliki lirik, bahkan subtitle, sehingga kamu bisa bersenandung dengan mudah tanpa salah lirik dan lebih menghayati makna lirik. Kamu juga bisa membagikan lagu yang sedang kamu dengarkan untuk mengkode gebetanmu lewat sosial media, lho!

 



https://www.billboard.com

 

Spotify

Developer: Spotify

Genre: Multimedia

Suport platform: Android, IOS, Windows, Mac Os

Size: 28 Mb

Estimasi biaya langganan: IDR 49.990.00 per bulan

 

Hampir sama seperti JOOX, Spotify adalah layanan musik streaming yang menawarkan player musik secara Legal. Di Indonesia sendiri, Spotify telah hadir sejak tahun 2016 dan langsung mendapat respon positif dari para penggunanya. Spotify menawarkan musik premium yang mengharuskan para penggunanya untuk membayar tagihan agar dapat menikmati musik tanpa jeda iklan.

 

Fitur Spotify


1. Dengar playlist teman

Spotify memungkinkanmu mengetahui playlist teman dan mendengarkannya. Kamu tinggal follow akun milik temanmu untuk bisa mengetahui playlist lagu yang ia bikin. Fitur ini bisa menambah pengetahuanmu tentang teman bahkan bisa memberikan gambaran tentang musik kesukaan gebetan, lho! Kalian juga jadi punya pembahasan baru saat bertemu seputar bertukar playlist lagu-lagu di Spotify.



2. Khusus game

Spotify menunjukkan kepeduliannya terhadap gamers dengan menyediakan aplikasi khusus yang bisa digunakan pada perangkat konsol game Play Station 3 dan 4. Sekarang kamu bisa mendengarkan playlist favoritmu sambil bermain game tanpa perlu 2 perangkat, lho! Keren banget, kan?

3. Discover weekly

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengupdate pengetahuanmu tentang musik. Kamu juga bisa memanfaatkannya saat sedang suntuk dan bosan dengan lagu-lagu favoritmu yang kurang bervariasi. Setiap minggunya, Spotify akan memberikan rekomendasi sebanyak 30 lagu paling hits yang akan terus diupdate.

4. Your daily mix

Spotify juga punya fitur Daily Mix yang nggak kalah keren, lho! Dengan fitur ini, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu yang biasa kamu dengarkan. Secara otomatis, Spotify akan menyortir lagu yang cocok berdasarkan lagu yang sering kamu putar. Menarik, bukan?

5. Koleksi musik yang melimpah

Meskipun baru rilis di Indonesia pada 2016, Spotify sudah muncul dan eksis sejak tahun 2008. Spotify jauh lebih dulu hadir daripada Joox sehingga koleksi lagunya pun lebih banyak. Joox lebih banyak menampilkan musik-musik asia, sementara Spotify menghadirkan lebih banyak musik-musik dari western, bahkan musik-musik Indie. Sepertinya semua lagu bisa kamu temukan lho di aplikasi Spotify.

Setelah membandingkan kedua aplikasi musik online di atas, apakah kamu sudah memutuskan akan memilih Joox atau Spotify?