ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Memilih Bahan Ramah Lingkungan

Berbeda dengan bahan pakaian pada umumnya, bahan seperti Econyl bisa didaur ulang berkali-kali.

Bahan ini terbuat dari limbah nilon yang umum digunakan untuk baju renang. Brand-brand besar, seperti Stella McCartney dan Prada sudah mulai pakai bahan ini, lho!

 

2. Menggunakan Baju Rental

Untuk momen penting seperti pesta atau wisuda, kamu bisa memilih untuk menyewa dibandingkan membeli. Selain lebih hemat, lemari pun tidak sempit dipenuhi baju yang jarang dipakai.

 

3. Memakai “Kulit” yang Environmental Friendly

Kalau kamu ingin mengurangi pemakaian kulit binatang, coba deh untuk gunakan bahan alternatifnya, seperti Piñatex.

Bahan tekstil ini terbuat dari daun nanas, dan cocok menjadi pengganti “kulit” yang lebih ringan dan murah.

 

4. Stop Gunakan Bulu Binatang

Tak hanya menyebabkan kekerasan pada binatang, proses produksi pakaian yang terbuat dari bulu juga menyebabkan polusi kimia dan memakan energi dalam jumlah besar.

 

5. Thrifting

Belakangan ini, lagi tren thrifting, nih, alias membeli pakaian bekas pakai. Jika kamu teliti mencari, bukan tidak mungkin kamu bisa temukan branded items atau outfit yang kece banget!

Dibandingkan membeli produk fast fashion yang mudah rusak, barang-barang vintage berkualitas yang tahan lama bisa jadi opsi yang lebih menguntungkan!

 

6. Upcycling 

Punya baju tak terpakai? Eits, jangan dibuang dulu! Coba deh cari tutorial untuk mengubah pakaian lama menjadi outfit baru yang kece. Teknik upcycling bisa menguji kreativitasmu juga, nih!

 

Tertarik untuk Coba Tren Ini?

Yuk, langsung praktikkan tren ini dan jaga bumi dari risiko polusi! Nah, tak hanya di bidang fashion, industri lain seperti asuransi pun ingin turut serta menjaga lingkungan.

 

Salah satunya dengan menyediakan opsi klaim secara online. Nasabah hanya perlu foto dan upload dokumen ke aplikasi, sehingga tak perlu lagi print dokumen dan membuang kertas! Kemudahan ini bisa kamu temukan pada asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!