ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Memiliki side job

Kamu bisa lebih cepat mencapai tujuan finansial dengan memiliki tambahan penghasilan. Salah satu caranya adalah memiliki side job, seperti guru les, penulis, atau designer. Kamu bisa mencari peluang tersebut di berbagai website untuk freelancer, seperti Sribulancer, UpWork, dan lain sebagainya.

 

Mulai bisnis online

Gunakan platform e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada untuk memasarkan produkmu. Media sosial juga dapat kamu pakai untuk membangun kepercayaan dan hubungan dengan pelanggan. Konten yang menarik dari media sosial dapat membuat pelanggan kamu untuk tetap terhubung dan melakukan pembelian.

 

Kolaborasi

Brand dapat memaksimalkan kesempatannya untuk meningkatkan brand awareness sekaligus sales melalui kolaborasi dengan brand lain, influencer, atau seniman. Ingat dengan viralnya kolaborasi Chitato dan Indomie Goreng? Contoh lainnya, Starbucks bekerja sama dengan desainer Indonesia Didiet Maulana dalam membuat merchandise dari tenun ikat Indonesia.

 

Perencanaan keuangan secara digital

Tidak kalah penting dari menambah penghasilan, mengelola keuangan juga signifikan dalam mencapai tujuan finansial. Kamu bisa menggunakan aplikasi, seperti Wally atau Expensify untuk mencatat pengeluaranmu. Selain itu, studi membuktikan menabung di bank digital meningkatkan kecenderungan untuk menabung. 

 

Investasi online

Ada banyak pilihan untuk berinvestasi secara online, mulai dari peer-to-peer lending, reksadana, hingga saham. Kemudahan ini bisa diakses dengan menggunakan aplikasi saja dari pembukaan rekening efek hingga transaksi jual beli. Pastikan kamu memilih platform dengan sistem keamanan berlapis dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perbanyak literasi keuangan sebelum mulai berinvestasi.

 

Dengan lima cara tersebut, kamu bisa menambah penghasilan dan semakin dekat dengan tujuan finansial.


Sumber:
[1]
https://www.marcodegroen.com/different-ways-to-make-money-in-digital-world/

[2] https://www.marcodegroen.com/different-ways-to-make-money-in-digital-world/

[3] https://www.pulse.ng/bi/strategy/how-to-make-money-in-this-digital-age-according-to-experts-at-the-2020-smwlagos/2bp6z52

[4] https://www.starbucks.co.id/responsibility/community/details/starbucks_anniversary

[5] https://blogs.worldbank.org/psd/rethinking-saving-practices-digital-era

[6] https://money.kompas.com/read/2020/09/17/174200826/intip-5-cara-aman-investasi-online-reksa-dana-dan-saham?page=all