ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Kurangi Nongkrong di Luar


© Pexels

Nongkrong bareng rekan kerja, teman-teman, hingga pasangan memang termasuk salah satu cara untuk menghilangkan stres. Tapi, bisa dibayangkan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk secangkir kopi dan semangkuk kentang goreng di kafe favorit? Bandingkan harganya saat membuatnya sendiri di rumah, jadi terlihat kan ke mana uangmu mengalir setiap minggunya.

Bukan berarti harus mengurung diri di rumah dan nggak ingin ketemu siapa-siapa. Kamu bisa saling mengundang untuk bertamu di rumah atau pilih kegiatan yang nggak menguras dompet, misalnya berolahraga bersama.

Manfaatkan Potongan Harga


© Pexels

Siapa sih yang nggak suka berbelanja di mall atau supermarket? Sayangnya, terlalu sering melakukannya juga bikin uang tabungan makin menipis. Untuk menyiasatinya, nggak ada salahnya memanfaatkan musim diskon atau potongan harga yang dapat menghemat budget belanja. Selain itu, atur jadwal shopping agar nggak terlalu sering, misalnya hanya di waktu weekend bertepatan dengan promo potongan harga.

Stop Langganan TV Cable


© Unsplash

Yuk, bertanya pada diri sendiri, kapan terakhir kali kamu menikmati tayangan TV cable? Jawabannya mungkin jarang atau bahkan nggak ingat kapan terakhir kali menonton TV sambil bersantai di sofa.

Buat kamu yang punya banyak kesibukan di luar rumah atau selalu pulang larut malam, pikir dua kali untuk berlangganan TV cable. Jika memang ingin menonton tayangan favorit, lakukan saja streaming dengan gadget-mu, sehingga bisa mengirit pengeluaran bulanan.

Catat Semua Pengeluaran


©Pexels

Sering bertanya-tanya ke mana saja uang hasil kerja keras digunakan? Jika kamu bingung menjawabnya, maka ini saat yang tepat untuk membangun kebiasaan mencatat semua pengeluaran harian. Sekecil apa pun itu, mulai dari uang parkir atau bahkan membeli kudapan berharga ribuan, tetap harus ditulis. Hal ini dapat memudahkan kamu untuk melacak keluar-masuknya uang, sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk bulan berikutnya.

Gunakan Uang Tunai


© Pexels

Selama ini, kebanyakan orang cenderung lebih mudah menghabiskan uangnya saat ke luar rumah membawa kartu debit atau kredit, ketimbang hanya berbekal uang tunai. Jika ingin menghemat pengeluaran, coba untuk meninggalkan kedua kartu pembayaran tersebut dan gunakan uang tunai untuk membayar kebutuhan dan anggaran bulanan. Cara ini akan membuatmu terpaksa menahan godaan untuk membeli barang-barang yang nggak ada dalam daftar prioritas.

Sebenarnya nggak sulit kok untuk mengatur keuangan dan belajar untuk hidup hemat, asal ada kemauan keras dari kamu untuk mengubah gaya hidup yang selama ini dilakukan. Berani?