ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Untuk mempermudah mengatur keuangan kini ada profesi yang sangat dibutuhkan banyak orang, yaitu financial planner. Tugas perencana keuangan adalah memastikan bahwa kliennya bisa hidup sejahtera dengan pendapatan yang ia miliki.

Kapan butuh jasa financial planner? Coba perhatikan diri sendiri. Mungkin sudah ada tanda-tanda bahwa kamu perlu bantuan perencana keuangan.

 

Pemasukan Besar Tapi Nggak Memberikan Ketenangan


©Shutterstock

Kamu sukses. Tapi di balik pendapatan yang berlimpah, kehidupanmu berasa nggak tenang karena nggak tahu ke mana larinya uang tersebut. Alhasil, berapa pun besar pendapatan tapi kamu masih merasa kekurangan.

Kalau ini yang terjadi, mungkin sudah seharusnya kamu mencari bantuan dari financial planner. Diskusikan tentang pendapatan dan pengeluaran rutin kamu secara transparan dengannya agar bisa bisa menemukan solusi yang tepat. Dengan demikian, kamu bisa mengatur kembali kondisi keuangan yang selama ini kacau.

Saat Pengen Investasi Tapi Nggak Tahu Harus Dari Mana

Banyak teman ngobrol tentang investasi, katanya itulah kunci masa depan cerah. Tapi sebagai orang awam, kamu nggak tahu harus memulai dari mana. Soalnya ada banyak instrumen investasi dengan beragam risiko dan keuntungannya. Kalau sudah mulai mengalami masalah seperti ini, tandanya kamu sudah membutuhkan jasa financial planner. Saatnya berdiskusi membongkar seluk beluk investasi sekaligus mencari tahu jenis investasi apa yang cocok dengan kebutuhanmu.

Mulai Khawatir dengan Masa Pensiun

Kamu mungkin sudah merasa cukup dengan penghasilan saat ini. Bisa nongkrong di kafe kapanpun, punya berbagai barang branded yang jadi incaran, bahkan berhasil punya mobil sendiri di usia muda. Tapi, nggak selamanya kamu bisa bekerja. Bagaimana dengan hari tua? Jika sampai saat ini kamu masih belum memiliki rencana pensiun sama sekali, waktunya berkonsultasi dengan financial planner.

Rencana pensiun sendiri setidaknya harus mulai dilakukan 10-15 tahun. Tapi, nggak ada salahnya juga memulai lebih awal demi kestabilan keuangan. Seorang financial planner akan membantu kamu merencanakan dan mengelola dana pensiun yang tepat sasaran. Jadi, nggak hanya bahagia karena bisa memiliki segalanya di masa muda, tapi juga merdeka finansial di usia senja.

Terjerat Masalah Keuangan


©Shutterstock

Penghasilan bulanan harusnya lebih dari cukup. Tapi, entah bagaimana awalnya tiba-tiba kamu terjerat masalah keuangan. Seperti pengeluaran yang nggak teratur, nggak punya tabungan, dan parahnya tagihan kartu kredit meningkat.

Terlalu fokus menyelesaikan masalah keuangan membuatmu nggak bisa mengelola pendapatan yang dimiliki. Kalau hal ini yang terjadi, sulit untuk mewujudkan rencana keuangan di masa depan. Jangan biarkan masalah tersebut larut terlalu lama. Sekarang waktunya berdiskusi dengan financial planner yang akan memberikan masukan secara profesional sehingga kamu bisa memperbaiki kondisi keuangan yang sedang dialami.

Kebingungan Pilih Asuransi

Ada banyak jenis produk asuransi di dunia ini. Masing-masing punya benefit dan kekurangan. Buat kamu yang pengen punya asuransi tapi nggak mau rugi gara-gara nggak pernah terpakai, financial planner bisa membantumu mencari jenis asuransi terbaik yang benar-benar dibutuhkan kamu dan keluarga.

Dengan begitu banyak manfaat yang bisa dinikmati dari seorang financial planner, #MasaGakMau mempertimbangkan untuk menggunakan jasanya? Jangan tunggu terlambat hingga kondisi keuangan kacau balau. Bila tanda-tanda tersebut muncul, mintalah bantuan demi hidup yang tenang dan dompet yang damai.