ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Yang Perlu Anda Ketahui tentang COVID-19

Coronavirus Disease -19 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan yaitu Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus (SARS-CoV-2). Virus baru ini mulai ditemukan di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019. COVID-19 ditetapkan oleh World Health Organization sebagai pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia sejak tanggal 11 Maret 2020. Hingga saat ini terdapat 42.046.067 kasus konfirmasi COVID-19 dengan angka kematian sebanyak 1.143.562 jiwa secara global. Di Indonesia, kasus COVID-19 pertama dilaporkan pada 2 Maret 2020. Sejak itu, jumlah kasus positif meningkat signifikan menjadi 377.541 kasus, menurut data pemerintah pada 22 Oktober 2020.

 

 

Gejala COVID-19 yang paling umum, diantaranya:

l Demam ≥ 38oC

l Batuk kering

l Sesak nafas

l Gangguan pernafasan

l Sakit tenggorokan

l Kehilangan indra penciuman dan perasa

l Nyeri otot dan kelelahan

 

Namun tidak semua bergejala sangat tergantung pada kondisi stamina tubuh masing masing orang. Nah, bagi mereka yang terinfeksi namun tak bergejala ini menjadi sumber penularan yang tersembunyi ( silent spreader), itulah pentingnya social distancing diterapkan ke semua orang, karena siapa saja berpotensi.

 

Penularan COVID-19 terjadi dari orang ke orang melalui droplet (tetesan kecil) dari hidung atau mulut yang mengandung partikel virus dan dapat menyebar ketika seseorang dengan COVID-19 berbicara, batuk, dan bersin.

 

Masa inkubasi atau risiko terpaparnya virus hingga menimbulkan gejala dapat bervariasi, umumnya 2-14 hari.



Pemeriksaan Virus

Pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA (PCR COVID-19) merupakan pemeriksaan dengan metode real-time PCR yang spesifik mendeteksi secara kualitatif asam nukleat/ materi genetik virus SARS-CoV-2 (tanpa membedakan virus hidup maupun yang sudah mati) pada sampel swab nasofaring dan orofaring terutama dari pasien yang mempunyai gejala klinis dan epidemiologi kasus suspek COVID-19 sebagai prioritas untuk manajemen klinis atau pengendalian wabah COVID-19 yang cepat.

 

Target gen yang digunakan pada pemeriksaan PCR untuk skrining dan diagnosis COVID-19 disesuaikan dengan rekomendasi internasional yaitu :