ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

#Dirumahaja bukan berarti hanya laptop-an dan rebahan. Arnold Schwarzenegger—aktor, bodybuilder, dan pemain Terminator yang kekar itu—mengajak kita untuk fokus pada apa yang bisa kita kontrol, yaitu berolahraga[1]. Walau tanpa gym, kamu tetap bisa workout dengan modal yang minim.

 

Yang bisa kamu lakukan adalah…

Mulai mencari aplikasi atau tutorial berolahraga yang cocok dengan goal kamu. Tenang, ada beberapa aplikasi gratis, seperti Nike Training Club, FitOn, 7 Minute Workout, dan masih banyak lagi. Ada beberapa pilihan latihan dengan berbagai tingkatan dan tujuan sesuai kemampuan dan kebutuhan kamu. Asyiknya, banyak alternatif olahraga yang tidak membutuhkan peralatan.

Siapkan juga tempat yang nyaman untuk berolahraga dan ajak anggota keluarga, termasuk anak untuk ikut menjaga kesehatan. Bosan dengan gerakan Baby Shark? Pinkfong punya kompilasi gerakan baru selama 20 menit untuk anak-anak! Tonton di sini (https://www.youtube.com/watch?v=6e2ibUq65tA).


Mulai dari dasarnya

World Health Organization (WHO) merekomendasikan beberapa gerakan berikut: [1]


-          Knee to elbow (Lutut ke siku)

Gerakan: Angkat lutut kiri bertemu siku kanan dan sebaliknya

Durasi: 1-2 menit, istirahat selama 30-60 detik dan ulangi hingga 5 kali

Tujuan: meningkatkan detak jantung

-          Plank

Gerakan: Letakkan lengan bawah sebagai penopang dengan siku di bawah bahu. Sejajarkan pinggul dengan tinggi kepala dan tahan

Durasi: 20-30 detik atau lebih, istirahat selama 30-60 detik dan ulangi hingga 5 kali.

Tujuan: mengencangkan perut, lengan, dan kaki

-          Back extensions

Gerakan: Angkat dan turunkan bagian atas tubuh sambil memegang telinga dengan ujung jari tangan dan posisi kaki menempel di lantai

Durasi: 10-15 kali, istirahat 30-60 detik, ulangi hingga 5 kali

Tujuan: mengencangkan otot punggung

-          Squats

Gerakan: Posisikan kaki sejajar pinggul dengan jari kaki mengarah keluar. Tekuk lutut hingga sejajar dengan kaki dan tumit tetap menempel di lantai, kemudian luruskan

Durasi: 10-15 kali, istirahat 30-60 detik, ulangi hingga 5 kali

Tujuan: mengencangkan kaki dan otot pantat

-          Child’s pose

Gerakan: Lutut di lantai, pinggul di atas tumit, perut di atas paha dan panjangkan lengan ke depan, kemudian tarik napas dan tahan

Durasi: 20-30 detik

Tujuan: meregangkan punggung, bahu, dan bagian samping tubuh

-          Meditasi

Gerakan: Duduk di lantai dengan kaki bersila dan punggung yang tegak. Tutup mata, rileks, dan ambil napas panjang. Konsentrasi pada pernapasan dan tidak fokus pada hal-hal lain dan tahan

Durasi: 5-10 menit

Tujuan: menjernihkan pikiran


Langkah terakhir untuk sehat optimal, perlindungan maksimal

Tidak hanya dengan olahraga, jagalah kesehatan juga dengan mencuci tangan, minum air putih, makan makanan bergizi, dan tidur yang cukup. Antisipasi risiko kesehatan di masa depan mulai dari sekarang. Salah satunya dengan perlindungan Asuransi Bebas Handal, asuransi kesehatan berbasis syariah yang lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online. Selama bulan Mei 2020, FWD Life memberikan tambahan manfaat tambahan khusus hingga Rp100 juta untuk perlindungan dari Virus Corona COVID-19, berupa manfaat tunai harian, karantina, hingga meninggal jika terdiagnosis positif COVID-19, tanpa kontribusi tambahan. Selengkapnya di: fwd.co.id/bebashandal! 



Sumber:

https://www.bloomberg.com/news/articles/2020-03-20/arnold-schwarzenegger-shares-workout-tips-for-virus-quarantine

http://www.euro.who.int/en/health-topics/health-emergencies/coronavirus-covid-19/novel-coronavirus-2019-ncov-technical-guidance/stay-physically-active-during-self-quarantine

[1] https://www.bloomberg.com/news/articles/2020-03-20/arnold-schwarzenegger-shares-workout-tips-for-virus-quarantine

[2] http://www.euro.who.int/en/health-topics/health-emergencies/coronavirus-covid-19/novel-coronavirus-2019-ncov-technical-guidance/stay-physically-active-during-self-quarantine