ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Indonesia memiliki beragam wisata angker. Dari banyaknya pilihan yang ditawarkan, berikut rangkuman wisata paling angker di Indonesia. Kamu berani main ke sini, nggak?


1.      Lawang Sewu

 

heritage.kai.id

Berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Lawang sewu merupakan destinasi wisata yang populer. Bangunan dengan banyak pintu yang menjadi ikon kota Semarang ini mulai dibangun pada tahun 1904. Lawang sewu memiliki arti seribu pintu. Bangunan megah ini selesai dibangun pada tahun 1907 dan sempat digunakan sebagai kantor pemerintahan pada zaman penjajahan Belanda.

 

Suasana angker bisa kamu rasakan ketika memasuki bangunan yang terlampau megah tak berpenghuni ini. Banyaknya pintu yang ada serta desain bangunan peninggalan Belanda juga semakin menambah nuansa angker. Belum lagi, ada rumor yang beredar kalau ada sebuah ruangan angker di dalam Lawang sewu. Ruangan tersebut adalah ruang penyiksaan bawah tanah yang katanya dihuni oleh makhluk astral. Seringkali, orang-orang yang bisa merasakan kehadiran makhluk halus, mendengar suara jeritan dan tangisan dari ruang tersebut.

 

2.      Gunung Kawi

 

id.wikipedia.org

Gunung Kawi terletak di Malang, Jawa Timur. Biasanya, Gunung Kawi dijadikan lokasi ziarah Pesarean. Tiap Jumat Legi, banyak ritual yang digelar di Gunung Kawi. Mulai dari pemakaman Eyang Jugo (Kyai Zakaria II) hingga perayaan wafatnya Eyang Sujo (Raden mas Iman Sudjono)

 

Destinasi wisata satu ini memang menjadi salah satu tempat wisat umat muslim. Dipadukan dengan budaya setempat, menghasilan berbagai ritual khas daerah yang kental. Namun, ada hal yang lain membuat Gunung kawi disebut sebagai wisata paling angker.

 

Ada yang sengaja datang ke Gunung Kawi untuk meminta kekayaan melalui jalan pintas. Alias, praktek pesugihan dan penumbalan. Ritual yang dilakukan di Gunung Kawi dapat membuat penguasa gaib Gunung Kawi membantu mereka yang mau datang.

 

3.      Goa Kontitola

 

pesona.travel

 

Sekarang, saatnya kita bertandang ke bagian paling timur Indonesia. Papua juga memiliki destinasi wisata yang disebut sebagai paling angker, lho! Nama tempatnya ialah Goa Kontitola. Goa ini berbentuk horizontal. Untuk bisa masuk ke dalam, kamu harus dilengkapi berbagai peralatan pelindung seperti senter hingga boots. Pasalnya, goa ini masih alami dan berbahaya.

 

Hal yang membuat angker adalah lukisan yang tergambar di dinding goa. Sebuah lukisan dengan gambar tubuh manusia dengan mata dan kepala yang bulat sempurna dan tak memiliki rambut. Ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa gambar tersebut adalah alien. Lukisan yang dipercaya peninggalan dari leluhur itu sukses menambah suasana Goa Kontitola menjadi semakin angker.

 

4.      Terowongan Casablanca

 

www.tempatangker.com

 

Tempat wisata angker satu ini awalnya nggak diniatkan untuk menjadi tempat wisata. Namun, antusiasme publik terhadap mitos yang mengiringi banyak kejadian aneh di sini membuat Terowongan Casablanca sering dikunjungi oleh penikmat tempat wisata angker.

 

Awalnya, terowongan ini dibangun di atas lahan taman pemakaman umum sehingga ratusan makam harus dipindahkan. Konon katanya, proses pemindahan makam ini menjadi fenomena pemindahan makan terbesar di Indonesia. Setelah terowongan jadi, banyak kecelakaan yang kerap terjadi di Terowongan Casablanca. Korban kecelakaan mengaku melihat makhluk halus yang mengganggu fokus pengendara.

 

            Itu tadi destinasi wisata paling angker di Indonesia. Kamu berani nggak nih main ke salah satu tempat di atas?