ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Namun, tidak berolahraga saat sedang sakit ternyata juga dapat memperburuk sakit yang kamu derita. Terlalu lama beristirahat dari olahraga juga dapat membuatmu kehilangan semangat dan keahlian berolahraga begitu mulai dari awal kembali. Jika sakit yang kamu derita tidak terlalu parah, sebaiknya kamu tetap mempertimbangkan untuk dapat berolahraga. Namun, jika sakitmu sudah parah dan disarankan oleh dokter untuk berbaring di ranjang, sebaiknya jangan melawan perintah dokter, ya!

Bagi kamu yang tidak sakit parah dan masih bisa berangkat ke gym, berikut adalah beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan!



https://www.washingtonpost.com

 

Jalan-jalan

Apabila kamu biasa lari pagi atau melakukan hiit cardio, maka kamu bisa merubah jadwal olahraga rutinmu dengan menurunkan intensitasnya menjadi jalan-jalan. Sakit pilek pun bisa membuatmu merasa lemah, namun kamu akan menjadi lebih semangat setelah berjalan kaki paling tidak selama 20 menit. Aktivitas jalan-jalan terlebih akan berguna untuk membersihkan sinus, dan selama berjalan, kamu bisa menarik napas panjang, hal ini akan membantu membuka jalan pernapasan.

Apabila jalan-jalan adalah aktivitas yang menurutmu terlalu ringan karena kamu terbiasa olahraga cardio yang berat, maka kamu bisa menaikkan intensitas dengan memilih jogging. Jogging akan membantu menghilangkan rasa sesak dan sumbatan pada hidung sehingga amat bermanfaat bagi kamu yang sedang sakit pilek. Namun, kamu harus menghentikannya apabila kamu merasa pusing atau menjadi muntah-muntah.



https://static.independent.co.uk

 

Yoga

Siapa di antara kamu yang memang malas berolahraga? Kamu bisa mencoba olahraga satu ini. Yoga adalah olahraga yang sempurna untuk melatih meditasi, fleksibilitas, dan kekuatan otot. Yoga dilakukan dengan cukup santai sehingga meskipun sedang sakit kamu tetap bisa melakukan olahraga satu ini. Kamu akan menjadi lebih tenang setelah 20 hingga 30 menit sesi yoga. Yoga juga dapat meningkatkan imuntasmu sehingga membuatmu nggak gampang sakit. Jika dirasa terlalu ringan, kamu dapat mempraktekkan gerakan yoga yang lebih sulit.

Gerakan yoga yang lebih sulit dapat memuaskan hasrat berolahraga bagi kamu yang terbiasa berolahraga berat. Saat sedang sakit, tentunya kamu tidak mungkin memaksakan dirimu untuk angkat beban. Beberapa pose yoga yang dilakukan dapat memindahkan kelenjar getah bening serta sel imunitas di dalam butuh. Ada pula gerakan membuka dada yang dapat membantumu bernapas lebih dalam. Bahkan, gerakan klasik stretching yang ringan seperti downward dog pun bisa membantu meringankan sinus.



http://www.rad-innovations.com

 

Menggunakan Recumbent Bike

Pernahkah kamu mendengar recumbent bike atau yang lebih dikenal sebagai sepeda statis? Jika kamu merasa udara di luar tidak terlalu bersahabat, tetapi kamu adalah penggemar berat olahraga sepeda, kamu bisa beralih ke olahraga satu ini. Salah satu alat olahraga yang populer, recumbent bike bisa kamu gunakan di rumah. Meskipun terasa lebih ringan daripada sepeda biasa, namun banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan olahraga ini. Kamu bisa mendapatkan cardio workout seperti biasa tanpa intensitas yang berlebihan.



https://img.evbuc.com

 

Qigong

Qigong barangkali belum terlalu familiar tedengar di telingamu. Namun, jika kamu penggemar yoga, meditasi, atau martial arts, kamu harus mencoba olahraga satu ini. Dilansir dari The Wall Street Journal, Qigong sangat berkaitan dengan tai chi, meskipun tidak memberikan gerakan-gerakan yang berat. Qigong adalah praktek olahraga yang sederhana untuk dilakukan dan memiliki banyak pengulangan sehingga bisa dipelajari dengan mudah.

Kamu dapat mencoba olahraga Qigong saat udara sedang tidak bersahabat dan kamu mulai merasakan gejala akan sakit. Kamu akan menjadi lebih bersemangat, meningkatkan keseimbangan, dan setelah praktek selesai, kamu akan mendapati moodmu yang meningkat. Sedang sakit atau pun tidak. Qigong adalah salah satu olahraga yang harus kamu pertimbangkan karena banyak manfaat kesehatan yang bisa membantumu untuk sembuh dan memperbaiki tubuh ketika sakit.



https://www.activeweekender.com

 

Water Aerobics

Apakah kamu kerap menghabiskan waktumu untuk berenang selama berjam-jam di dalam air. Ketika sakit, sebaiknya kamu berhenti melakukannya. Namun, kamu tidak perlu berhenti total dari olahraga di dalam air. Salah satunya kamu bisa mencoba mengganti berenang dengan olahraga water aerobics. Seperti namanya, tentu olahraga ini dilakukan di dalam air, sehingga tidak jauh berbeda dengan berenang, namun dengan intensitas yang lebih rendah. Meskipun lebih mudah dilakukan, water aerobics dapat menambah kekuatan otot tanpa membutuhkan gerakan berenang selama berjam-jam.

Tempo olahraga air satu ini cukup baik bagi kamu yang sedang memiliki masalah pernapasan. Kelembaban air juga dapat membantu untuk memperlancar pernapasan. Simpan daftar olahraga yang berat untuk kamu lakukan, dan selama sakit, kamu bisa beralih pada olahraga air sederhana ini.

Bagaimana? Setelah membaca beberapa rekomendasi olahraga yang dapat kamu lakukan saat sakit, apakah kamu sudah siap untuk berolahraga? Sebaiknya, kamu tidak memaksakan diri ya untuk berolahraga ketika sakitmu masih parah dan direkomendasikan oleh dokter untuk berbaring di Kasur. Jika kamu merasa penyakitmu tidak terlalu parah, seperti pilek atau batuk, maka kamu bisa pertimbangkan rekomendasi olahraga di atas untuk membantu proses penyembuhanmu agar badan tetap bugar dan tidak lesu!

Buat kamu Passionate People yang ingin terus meningkatkan performance olahraga kamu khususnya di Hari Olah Raga Nasional, FWD MAX punya penawaran khusus berupa Diskon 10% seluruh layanan di Indonesia Sports Medicine Center berlokasi di Wisma Anugraha Lt.1, Jl Taman Kemang Jakarta Selatan No Telp 021-22707600 dan nikmati Free Trial & Diskon 50% Joining Fee Urban Athletes berlokasi di Marvell City Mall, Surabaya No Telp 031-99005707 khusus Pengguna FWD MAX. Download sekarang di bit.ly/downloadFWDMAX dari ponsel/tablet yang kamu miliki.