ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Oat

Cara mudah untuk turunkan kolesterol adalah dengan makan semangkuk oatmeal. Untuk tambahan fiber atau serat, kamu bisa tambahkan pisang atau stroberi ya.

Fiber dapat membantu mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya dari tubuh.

 

2. Kacang-kacangan

Makanan kaya akan serat yang satu ini bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Dari kacang merah, lentil hingga kacang polong bisa kamu siapkan menjadi beragam masakan nikmat.

 

3. Kacang

Studi membuktikan, almond, walnut, kacang tanah, dan jenis kacang lainnya baik untuk kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi dua ons kacang sehari dapat menurunkan LDL sekitar 5 persen loh!

 

4. Kedelai

Solusi ampuh untuk menurunkan kolesterol adalah mengonsumsi kedelai. Penelitian menunjukkan, konsumsi 25 gram protein kedelai setiap hari, seperti 10 ons tahu atau 2,5 cup susu kedelai bisa menurunkan LDL sekitar 5-6 persen.

 

5. Ikan berlemak

Kamu juga bisa mengurangi LDL dengan mengganti konsumsi daging sapi dengan ikan. Kandungan omega-3 pada ikan, seperti sarden, salmon, kakap, dan tuna dapat mengurangi trigliserida dalam darah dan menjaga kesehatan jantungmu.

 

6. Alpukat

Buah padat nutrisi ini kaya akan serat dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan LDL, dan meningkatkan HDL, si kolesterol baik.

Penelitian membuktikan, alpukat sebagai pengganti asupan lemak lainnya dapat menurunkan kolesterol total, LDL, dan trigliserida.

 

7. Buah-buahan

Buah yang kaya akan fiber dapat membantu hati menghentikan produksi kolesterol.

Salah satu jenis serat bernama pektin mampu menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Serat ini dapat ditemukan di buah-buahan, seperti apel, anggur, jeruk, dan stroberi.

 

8. Sayur-sayuran

Rendah kalori dan kaya akan serat serta antioksidan, sayur-sayuran bisa membantu menjaga kesehatan jantungmu.

Beberapa sayuran yang juga mengandung pektin, antara lain okra, terong, wortel, dan kentang.

 

Hidup sehat bisa dimulai dari pilihan makananmu. Nah, untuk kamu yang ingin berbelanja bahan makanan segar dan menyehatkan secara online, Sayurbox punya eVoucher senilai Rp25.000 untuk member aplikasi FWD MAX hingga 31 Desember 2022.

 

Klaim eVoucher-mu sekarang dengan download aplikasi FWD MAX di sini!