ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tidak heran, semakin banyak yang menjadi pesimis dan lebih memilih untuk tidak menikah karena kekurangan biaya. Apakah kamu salah satunya? Sebaiknya, kamu memikirkan kembali opsi tersebut karena ternyata kamu bisa menabung untuk menikah dengan trik berikut ini!

Mantapkan niatmu untuk menikah


casarealevents.com

“Apabila ada kemauan, pasti akan ada jalan.” Kutipan tersebut ada benarnya. Dimana pun posisi finansialmu sekarang, kamu pasti bisa meraih tujuan dengan niat yang mantap. Apabila kamu memang yakin untuk melangsungkan pernikahan, apalagi sudah memiliki pasangan untuk diajak menikah, maka niatmu akan lebih serius pula dalam menabung.

Bila kamu memang serius menabung untuk modal menikah, kamu harus mengorbankan beberapa hal yang jadi sumber kebahagiaanmu. Seperti, kebiasaan minum kopi di kafe, traveling, dan membeli barang-barang bermerek. Bagaimana? Sudah siap memantapkan niat?


Tanpa rencana anggaran, tabunganmu dijamin sudah gagal


thumbor.forbes.com

Berangan-angan saja tidak cukup untuk bisa menyisihkan uang secara konsisten. Sebelum kamu membuat rencana anggaran, tabungan pernikahanmu pasti akan tertunda terus. Hal ini terjadi karena tanpa target kamu akan cenderung untuk mengeluarkan uang bagi kepentingan mendesak yang lain. Padahal, seharusnya tabungan pernikahan tidak boleh kamu otak-atik, kecuali untuk keperluan pernikahan.

Buatlah berbagai rencana terlebih dahulu. Kamu bisa membuat Plan A hingga Plan C. Sebelumnya, kamu harus mencari tahu harga yang harus kamu keluarkan. Pastikan kamu sudah melakukan survey dengan teliti. Jangan sampai kamu kecolongan dan mendapatkan harga yang lebih mahal!

Memiliki beberapa rencana akan berguna untuk membuat semangat menabungmu tidak gampang kendor. Meskipun kamu sudah membuat rencana dengan realistis, kamu tidak akan tahu keadaan genting apa yang akan kamu lewati. Maka, kamu harus memiliki opsi lain bila opsi pertama yang kamu inginkan tidak dapat dipenuhi.

Jangan lupa untuk membuat anggaran sedetail mungkin. Kamu pasti akan fokus pada rencana anggaran untuk venue, dress, dan catering. Namun, jangan lupakan anggaran keuangan untuk cetak undangan, ongkos kirim, dan membayar petugas keamanan. Meskipun jumlahnya kecil, namun pengeluaranmu bisa membengkak dan anggaranmu bisa jadi tidak cukup bila tidak dipersiapkan dari sekarang.


Buka rekening khusus tabungan menikah


verywellmind.com

Agar berhasil menabung untuk menikah sesuai dengan target anggaran yang sudah dipersiapkan, Sebaiknya kamu membuka rekening khusus untuk tabungan menikah. Kamu harus komitmen untuk menabung dan tidak boleh mengambil uang tabungan sama sekali. Jika kamu masih sering menarik uang dari tabungan menikah, lebih baik kamu pikirkan lagi rencanamu untuk menikah!


Sisihkan pendapatanmu setiap gajian


moneycrashers.com

Anggaran pernikahan yang sudah kamu buat dapat menjadi acuan tentang berapa nominal yang harus kamu sisihkan setiap bulannya. Setelah mendapat nominal total dari berbagai keperluan menikah, kamu tinggal membaginya dalam berapa lama kamu ingin menabung. Sebaiknya, kamu menabung sejak jauh-jauh hari agar pernikahanmu dapat terlaksana sesuai impian. Kamu harus bisa disiplin terhadap dirimu sendiri! Setiap gajian, kamu harus langsung menyisihkan uang yang kamu dapatkan dan tidak tergoda untuk menggunakannya bagi keperluan lain.

Setelah membaca trik di atas, apakah kamu sudah siap menabung untuk menikah? Semoga tabunganmu bisa cepat selesai ya, agar pernikahanmu bisa cepat terlaksana!