ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apakah kamu salah satu penggemar kuliner berwarna hitam? Atau, kamu malah belum familiar dengan tren yang satu ini? Untuk mengupdate pengetahuanmu, kamu harus tahu tren makanan hitam yang sedang tren saat ini!

 

1.      Mi

 

youtube.com

Jjajangmyeon adalah mie asal Korea. Jenis mie ini berwarna hitam karena bahan dasarnya menggunakan kacang kedelai hitam Makanan khas Korea yang sering muncul dalam drama korea ini sudah lama ada. Nggak asal ikut-ikutan tren, semua kalangan dari tua sampai muda sudah familiar dengan jenis mie satu ini. Awalnya, jenis mie ini berasal dari China. Namun, mie hitam asal Korea jauh lebih terkenal karena popularitas yang dibawa oleh drama korea.

 

Selain Jjajangmyeon, trend mie hitam nggak berhenti sampai di situ, lho! Ada pula yamin hitam, pasta hitam, serta udon hitam. Beberapa penjual mie hitam ini mengolah warna hitam yang didapatkan langsung dari tinta cumi. Nggak heran, warna hitamnya jauh lebih pekat dan membuatmu kepo untuk mencoba!

 

 

2.      Burger

 

justeatlife.com

 

Makanan Amerika satu ini sudah lama masuk ke Indonesia. Burger seringkali dipilih karena praktis dan nggak perlu memakan banyak waktu untuk menunggu disajikan. Pada tahun 2015, Burger King pernah membuat limited item berupa burger berwarna hitam pada saat Halloween.

Penikmat Burger tentunya nggak hanya puas dengan Burger yang biasa mereka nikmati. Saat ini, sudah banyak kedai Burger yang memasukkan Burger hitam ke dalam menu. Nggak hanya restoran fast food, kamu juga bisa menemui jenis makanan ini di kafe atau coffee shop.


3.      Kebab

 

twitter.com

 

Kulit kebab biasa akan menyisakan warna kecokelatan setelah digoreng yang mengurangi estetika dari kuliner ini. Uniknya, kulit kebab yang berwarna hitam pekat nggak akan terpengaruh walaupun sudah digoreng. Kamu bisa menemukan kebab hitam di stall kebab favoritmu!

 

Konon katanya, kulit kebab berwarna hitam memiliki kalori yang lebih rendah dan cocok untuk kuliner diet, lho!

 

4.      Yoghurt


pergikuliner.com

Bila warna hitam yang dihasilkan pada makanan didapatkan dari tinta cumi, maka lain lagi dengan jenis kuliner black yoghurt. Yoghurt berwarna hitam pekat ini mendapatkan warnanya dari arang. Kamu nggak perlu takut karena yoghurt satu ini aman dikonsumsi. Kandungan arangnya hanya 1gr sehingga rasa yang dihasilkan pun adalah tetap rasa asam, seperti yoghurt pada umumnya.

 

Black yoghurt menggunakan frozen yoghurt sebagai bahan utamanya. Frozen yoghurt adalah yoghurt yang sudah dibekukan sehingga tampilannya mirip dengan ice cream. Ada banyak pilihan topping yang bisa kamu pilih. Mulai dari menyiramnya dengan saus caramel atau menaburkan buah-buahan favoritmu.

 

5.      Fried Chicken


youtube.com

Tren black fried chicken pertama kali populer di Jepang. Jenis fried chicken yang dibuat berwarna hitam adalah kaarage. Popularitasnya pun dibawa oleh turis yang pernah bertandang ke sana. Saat ini, kamu bisa menemukan black fried chicken di salah satu outlet fast food.

 

Membuat inovasi baru memang kerap dilakukan oleh perusahaan fast food di Indonesia. Warna hitam didapatkan dari saus yang disajikan bersama dengan fried chicken. Nggak hanya menjual black fried chicken, minuman hitam dan es krim hitam juga menjadi salah satu andalan saat Halloween bagi restoran fast food.

 

Kelima tren makanan hitam di atas hanya beberapa contoh dari banyaknya olahan makanan hitam. Kalau kamu, sudah pernah cobain yang mana, nih?