ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tahun 2019 bisa jadi tahun yang menggagalkan rencanamu untuk pergi jauh. Nah, awal tahun 2020 kamu masih bisa lho untuk melakukan traveling dan mewujudkan rencana yang nggak berhasil di tahun sebelumnya. Kamu nggak mau kan terus-terusan kehilangan kesempatan untuk pergi traveling? Kali ini, kamu harus tegas nih dengan dirimu sendiri. Biar resolusi traveling tahun baru yang kamu buat berhasil terwujud, kamu perlu memperhatikan tips berikut ini. Nih tips mewujudkan resolusi traveling tahun baru yang bisa kamu coba!

1. Tentukan alasan kamu traveling

 

gandengtangan.co.id

Traveling merupakan aktivitas liburan yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Namun, pernahkah kamu berpikir, mengapa kamu melakukan aktivitas satu ini? Untuk dapat mewujudkan resolusimu, kamu harus mengetahui keinginanmu. Nah, itu sebabnya kamu harus tahu apa sih alasanmu berangkat traveling? Nggak ada salah dan benar kok untuk pertanyaan ini. 

Bagi setiap orang, alasan untuk traveling dapat berbeda-beda. Ada yang melakukannya untuk melepaskan penat, berkumpul bersama keluarga, hingga mengikuti trend. Mengetahui tujuan kamu traveling juga penting untuk menentukan lokasi dan jenis traveling yang kamu inginkan lho!

2. Tetapkan lokasi dan jenis traveling yang kamu inginkan

 

nbcnews.com

Setelah memiliki alasan, saatnya kamu memikirkan destinasi yang akan dituju. Alasanmu pergi traveling berperan penting dalam penentuan lokasi dan jenis traveling yang akan kamu lakukan. Jika ingin menghilangkan stress, maka kamu bisa memilih untuk liburan di resort dan menikmati pemandangan dibandingkan melakukan aktivitas fisik yang berat. Namun, setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda pula. 


Jika kamu merencanakan tujuan traveling sesuai dengan apa yang kamu inginkan, maka resolusi traveling-mu akan lebih mudah tercapai. Pasalnya, kamu memiliki alasan yang kuat untuk berangkat traveling dan merasa rugi jika nggak melakukannya.

3. Siapkan budget untuk traveling

 

moneycrashers.com

Agar rencana traveling-mu berhasil, kamu harus membuat perencanaan keuangan yang matang. Mulailah dengan mencari tahu harga tiket dan akomodasi. Kamu harus mengetahui detail biaya yang kamu perlukan ya! Semua informasi bisa kamu temukan dengan mudah di internet kok. Budgeting yang detail nggak akan menyisakan sedikit pun alasan keuangan yang menunda

keberangkatanmu. 

4. Mulai menabung dengan konsisten

 

noxeo.com

Setelah mengetahui biaya yang kamu butuhkan, kamu harus menyiapkan rencana untuk menabung. Susunlah rencana tabungan harian atau mingguan dengan konsisten. Semakin jelas berapa jumlah uang yang harus kamu sisihkan dalam skala waktu tertentu, maka kamu nggak akan merasa kesulitan dalam menabung. Tanpa kamu sadari, tabunganmu sudah cukup untuk berangkat traveling.

5. Mengajak teman untuk berangkat traveling

 

elearn.id

Sering mendadak malas berangkat traveling? Atau, tabunganmu tiba-tiba berhenti karena kamu nggak lagi termotivasi? Inilah gunanya teman yang kamu ajak untuk berangkat traveling. Jika memiliki teman, kalian akan saling terikat dan mau nggak mau kamu akan lebih disiplin lagi. Pastikan kamu memilih teman traveling yang memiliki tujuan traveling yang hampir sama denganmu ya!


Itu tadi tips mewujudkan resolusi traveling tahun baru. Semoga tahun depan rencana traveling-mu dapat terwujud ya!