ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

COVID-19 tidak hanya menyerang ekonomi, tetapi juga kehidupan sosial kita. Adanya peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kegiatan-kegiatan yang biasa kita lakukan dengan teman dan keluarga bisa jadi perlu dihindari sementara waktu. Namun, bukan berarti kamu sama sekali tidak bisa berhubungan dengan mereka. Jaga silaturahmi dengan orang-orang terdekatmu lewat tips-tips berikut ini!


1.         Manfaatkan video call

Sejak diberlakukannya social distancing, banyak kegiatan telah dialihkan secara virtual lewat video call. Dari meeting kantor hingga kuliah online, ragam aplikasi video call telah membantu kita untuk tetap saling berhubungan tanpa perlu berada di lokasi yang sama. Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi ini untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga selama masa karantina mandiri. Tentukan jadwal rutin untuk video call yang tidak mengganggu rutinitas, misalkan di pagi hari sebelum kerja atau di akhir pekan. Dengan video call, momen berbuka bersama keluarga tetap hangat meskipun tidak sedang makan bareng. Tak bisa mudik juga bukan masalah! Bermaaf-maafan secara online lewat video call bisa jadi pilihan untuk silaturahmi lebaran tahun ini.

2.               Nonton film bareng

Selama dua bulan terakhir, bioskop menjadi salah satu tempat hiburan yang harus tutup. Sudah kangen nonton bioskop bareng teman-teman? Gunakan aplikasi nonton streaming untuk nonton film dan serial TV favoritmu sambil ngobrol via chat dengan teman-teman. Anggap saja kalian sedang janjian nonton bioskop: pilih film yang akan ditonton, tentukan jadwal, siapkan makanan dan minuman, lalu tonton bareng-bareng di rumah masing-masing.

3.                Lakukan hobi bersama

Banyak pertemanan berawal dari minat dan hobi yang sama. Ingat-ingat kembali kegiatan yang mendekatkanmu dengan teman-teman saat ini, lalu cobalah untuk mengadaptasinya menjadi versi social distance-friendly sambil mengisi hari-hari di bulan puasa. Misalnya, ajak temanmu yang hobi membaca untuk saling memberi rekomendasi buku baru untuk dibaca dan dibahas bareng. Kalau kamu dan temanmu sama-sama suka musik, coba buat playlist kolaborasi berisi lagu-lagu favorit kalian untuk didengarkan sama-sama. Sudah lama tidak bertemu gym buddy? Cari video olahraga yang bisa dilakukan di rumah masing-masing dengan tetap memberi semangat untuk satu sama lain. 

4.                Silaturahmi dengan komunitas setempat

Tak hanya teman dan keluarga saja yang butuh dukungan dan teman berbagi selama pandemi ini. Orang-orang di sekitarmu seperti pemilik toko kelontong, penata rambut langganan, pembantu rumah tangga, dan lain-lain juga harus menghadapi dampak COVID-19. Luangkan waktumu untuk membantu orang-orang yang telah memudahkan hidupmu dengan mengirimkan makanan dan kebutuhan pokok atau sekadar menanyakan kabar.

           

Social distancing bukan berarti mengurung diri dan menjalani hari-hari dalam sepi. Menjaga jarak secara fisik memang diperlukan, tetapi kamu masih dapat berhubungan baik dengan orang-orang terdekat. Pandemi memang mengubah situasi, tetapi tidak akan mengurangi silaturahmi di antara kita.