ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tak hanya berdampak bagi kesehatan tubuh, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memaparkan, pandemi COVID-19 memungkinkan timbulnya stress bagi banyak orang.[1] Kecemasan dan ketidakpastian terus-menerus hadir dalam konten berita dan timeline media sosial. Anjuran untuk mengisolasi diri juga menyebabkan kita kehilangan kontak fisik dengan support system kita, seperti keluarga dan teman. Agar kondisi mental kamu tetap terjaga di tengah wabah COVID-19, simak tips-tips berikut!


Batasi akses konten berita dan media sosial

Tetap up-to-date dengan berita dan perkembangan terbaru memang penting, tetapi ada kalanya terus-menerus mengakses media sosial membuat kita terpapar dengan konten yang tidak sehat bagi kesehatan mental. Banyaknya berita buruk hingga hoax yang beredar hanya akan membuat keadaanmu semakin down.

Selama pandemi ini, buat batasan waktu untuk mengakses berita dan akun media sosial. Misalnya, kamu bisa mengakses media sosial selama 1 jam di jam makan siang dan 1 jam lagi setelah makan malam. Selama mengakses media sosial, kamu juga bisa menggunakan fitur mute untuk menghindari konten-konten yang membuat kamu merasa nggak nyaman. Pastikan juga kamu menerima berita dari sumber-sumber yang terpercaya untuk menghindari hoax.


Pisahkan aktivitas bekerja dengan keseharian di rumah

Meskipun kamu sedang work from home, bukan berarti kamu harus menghabiskan seluruh waktumu di rumah untuk bekerja. Tanpa adanya batasan yang jelas antara waktu bekerja dan aktivitas pribadi di rumah, kamu akan gampang merasa burnout dan cemas.

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mencoba untuk membuat “kantor” di rumah. Misalnya, cari sudut favoritmu di rumah yang nyaman untuk bekerja tanpa distraksi dari keadaan sekelilingmu. Seperti halnya bekerja di kantor biasa, kamu juga perlu menetapkan jam kerja untuk dirimu sendiri. Selama jam kerja tersebut, kamu harus berada di “kantor” dan baru memulai aktivitas lain setelah jam kerja usai. Dengan mengasosiasikan tempat ini sebagai “kantor”, kamu akan membangun rutinitas yang membantu menstabilkan keadaan mental.

 

Stay connected

Kalau kamu tinggal sendirian di tengah pandemi ini, perasaan kesepian memang tak dapat dihindari. Karena itu, kamu tetap perlu untuk menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekatmu. Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk tetap saling berhubungan dan berbagi kabar.

Supaya lebih seru, kamu dapat membuat jadwal rutin untuk melakukan video call atau group call dengan teman-teman, contohnya setiap malam Minggu. Dengan begitu, bertemu secara virtual dengan teman-teman dapat menjadi reward yang kamu tunggu setelah bekerja selama seminggu. Nggak jauh beda kan dengan janjian ketemuan untuk hangout di akhir pekan?


Di tengah pandemi ini memang banyak hal-hal yang berada di luar kontrol kita. Namun, masih ada hal-hal yang bisa kita kontrol, seperti menjaga kesehatan dan mulai mempertimbangkan perlindungan. Dengan mengantisipasi risiko kesehatan dan keuangan, kamu bisa mengurangi rasa cemas akan apa yang terjadi di masa depan. Perlindungan Asuransi Bebas Handal dari FWD Life siap melindungi dengan proteksi kesehatan berbasis syariah yang lengkap dan kontribusi terjangkau , mulai dari Rp75 ribu/bulan. Selama bulan Mei 2020, dapatkan manfaat tambahan khusus perlindungan dari Virus Corona COVID-19 hingga Rp100 juta*, tanpa kontribusi tambahan . Jangan khawatir, kepesertaan Asuransi Bebas Handal bisa didapatkan secara online di fwd.co.id/bebashandal!



Sumber:

[1] https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/managing-stress-anxiety.html