ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Yang terpenting dalam pekerjaan lepas seperti ini tak jauh dari kemampuan, portofolio, dan komunikasi efektif. Pekerjaan bisa dilakukan di mana saja asalkan selesai sesuai target yang disepakati bersama klien. Selain itu, kalau cukup rajin cari dan mendapatkan proyek, honor yang diterima bisa lebih besar dari gaji bulanan pekerja kantoran. Jadi, memang - kalau dipandang sebelah mata - sebenarnya pekerjaan seperti ini cukup membuat iri mereka yang menggeluti tipe pekerjaan 9-to-5 selama 5 hari dalam seminggu.

Akan tetapi, satu tantangan besar dari para pekerja freelancer ini adalah tentang sistem pekerjaan per proyek. Kalau dapat satu proyek, biasanya akan segera disusul proyek-proyek berikutnya yang menginginkan deadline berdekatan. Di sisi lain, kalau belum ada proyek, bisa-bisa beberapa hari tanpa ada pekerjaan - yang artinya tidak ada pemasukan. Kalau pemasukan tidak tetap seperti ini, bagaimana bisa hidup? Pertanyaan ini bisa dijawab dan para pekerja freelance tetap hidup kalau punya cara mengatur keuangan, seperti beberapa poin di bawah ini.

 

 

https://www.business.com

 

Catat pengeluaran primer, utamakan untuk kebutuhan.

Buat anak muda yang punya pekerjaan relatif bebas dengan pemasukan yang tidak kecil, besar godaan untuk hidup wah. Apalagi kalau belum menikah dan punya anak, semua pemasukan ya untuk diri sendiri. Tapi kalau mau tetap bisa hidup secara layak dengan pemasukan pasang surut ciri khas pekerjaan lepas, maka wajib hukumnya untuk disiplin diri dalam melakukan pembelanjaan. Mencatat kebutuhan primer adalah salah satu cara untuk bisa mendeteksi pengeluaran bulanan - yang artinya menjadi acuan berapa pemasukan yang sekiranya harus didapatkan agar tetap bisa menyambung nafas. Tentunya dalam mencatat pengeluaran ini harus secara hati-hati. Prinsipnya tentu mengutamakan kebutuhan harian seperti makan, transportasi, dan penunjang pekerjaan seperti listrik dan internet. Diperbolehkan memasukkan biaya hiburan selama dalam nominal yang wajar dibandingkan dengan nominal kebutuhan primer.

 

 

https://cdn.sunlife.com

 

Selalu buat pos dana darurat lebih dulu

Untuk pekerjaan apapun, wajib hukumnya bagi seorang pekerja untuk memiliki pos dana darurat. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari, bisa jadi ban motor bocor, atau tiba-tiba ada yang butuh sumbangan, atau justru kita sendiri yang sakit dan harus berobat. Besarnya nominal dana darurat tidak bisa disamakan antara satu orang dengan orang lain. Namun yang bisa menjadi acuan adalah paling tidak dana darurat ini cukup untuk membiayai hidup selama kita sedang tidak bisa menerima proyek. Untuk kasus seperti kondisi sakit, bisa juga dengan alternatif menggunakan asuransi kesehatan sehingga paling tidak biaya kebutuhan primer sudah tercukupi.

 


https://www.ccl.org

 

Terkait pekerjaan, mulai pilih proyek yang rasional.

Di awal menggeluti pekerjaan ini, mungkin kita memilih untuk mengiyakan semua tawaran proyek dengan pikiran semakin banyak proyek sama dengan semakin besarnya pemasukan yang akan didapatkan. Tidak salah sih, tetapi terkadang beberapa proyek yang dirasa tidak rasional dalam memberikan harga dibandingkan beban pekerjaan tersebut boleh saja untuk dieliminasi. Tidak bermaksud untuk memilih-milih pekerjaan atau menolak rejeki, tetapi ketika kamu sedang mengerjakan beberapa proyek sekaligus, usahakan untuk memilih proyek yang rasional antara beban pekerjaan dengan harga yang diberikan. Sehingga tenaga yang kita keluarkan untuk pekerjaan itu juga tidak sia-sia dan bisa dialokasikan juga untuk proyek lainnya. Cara berhemat kita terkadang tidak melulu tentang menekan pengeluaran, tetapi juga merawat diri sendiri supaya tidak menambah beban lain seperti biaya obat kalau kita sendiri sampai sakit.

 

 

https://www.creativeboom.com

 

Membuat tempat tinggal sebagai tempat bekerja terbaik dibandingkan kafe hits di luar sana

Sesekali, memilih opsi mengerjakan pekerjaan di luar rumah tidak salah kok, karena kita juga membutuhkan suasana yang berbeda - apalagi kalau pekerjaan kita termasuk pekerjaan kreatif yang membutuhkan ide-ide baru. Tapi kalau dilakukan setiap hari, bukannya kita bisa hidup dari pekerjaan lepas ini dan justru menambah hutang. Jadi, mengapa tidak membuat tempat tinggal kita sendiri menjadi tempat bekerja yang nyaman? Mendekorasi dan menata ulang kamar, menambah pernak-pernik pendukung, memasang jaringan internet yang stabil, membuat sendiri minuman kopi kesukaan kita. Hal-hal ini bisa mengurangi rasa bosan dan jenuh tatkala proyek butuh segera diselesaikan.

 

 

http://www.thinkingbeyondnumbers.com

 

Mulai investasi, karena menabung saja tidak cukup

Zaman sekarang, mengandalkan sebagian pendapatan untuk ditabung tidak bisa membantu cepat mencapai impian lain seperti memiliki rumah dan kendaraan pribadi. Freelancer juga bisa kok untuk mulai berinvestasi. Saat ini banyak sekali platform yang menyediakan fasilitas bagi investor pemula untuk menginvestasikan dananya mulai dari nominal yang relatif ringan, yakni Rp100 ribu. Mempelajari investasi untuk mendapatkan perencanaan keuangan yang lebih baik bisa jadi opsi bagi freelancer memiliki aset yang relatif aman untuk diandalkan.

 

 

https://www.creativeboom.com

 

Kontrol diri adalah kunci freelancer bisa tetap hidup dari waktu ke waktu

Kembali lagi pada manusianya, pemasukan sebesar apapun tidak akan pernah cukup kalau mengikuti keinginan dan tren gaya hidup. Terdengar klise tetapi toh sampai sekarang juga terbukti. Jangan sedikit-sedikit ingin ini itu, termasuk kalau promo seperti cashback. Percayalah, para penjual juga tidak mau rugi dan semua itu sudah ada perhitungannya yang tidak merugikan mereka. Untuk mengontrol ini, bisa menggunakan aturan 7 hari. Ketika melihat barang atau sesuatu yang kita inginkan, tunggu dulu dalam 7 hari, apakah kita membutuhkannya atau tidak. Kalau kita bahkan sudah terpikirkan kembali, artinya kita tidak membutuhkan barang tersebut.

 

Nah, karena poin-poin di atas hanya sebuah tips, maka membutuhkan aksi nyata untuk mewujudkannya. Perlu diingat juga kalau tips hanya bersifat sebagai panduan sekaligus saran. Kamu mungkin membutuhkan satu dua di antaranya kalau merasa poin lain sudah menjadi kebiasaanmu. Pertahankan hidup hemat dan mulailah investasi, niscaya pekerjaan lepas pun bisa menjadi profesi yang sama mampunya untuk menghidupi diri dibandingkan pekerjaan konvensional seperti teman-teman kita yang bekerja kantoran. Selamat mencoba, freelancer!