ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tidak dapat dimungkiri, wabah virus corona mengubah banyak hal dalam waktu singkat. Tidak hanya dari segi kesehatan saja, pandemi ini juga membawa risiko tinggi pada kondisi keuangan. Meskipun sejumlah perusahaan masih menggaji para pekerjanya dengan besaran normal, tidak sedikit orang yang pemasukannya berkurang drastis atau bahkan hilang sama sekali. Untuk menjaga kondisi keuangan kamu agar tetap stabil di tengah pandemi COVID-19, cek tips-tips di bawah ini!

1. Catat pendapatan dan pengeluaran secara rutin

Kalau selama ini kamu belum punya catatan keuangan harian, sekarang saatnya kamu memulai! Saat ini, sudah banyak aplikasi mobile yang memudahkan kamu untuk membuat catatan keuangan harian. 

Dengan begitu, kamu bisa menilai keadaan keuanganmu saat ini dengan gambaran arus yang jelas. 

2. Terapkan mindful buying

Rutinitas baru seperti working from home kadang membuat kita mudah tergoda dengan promo-promo belanja online maupun delivery makanan yang praktis. 

Selain itu, hindari juga berbelanja dalam keadaan cemas yang bisa berujung pada panic buying. Usahakan untuk selalu aware dengan tujuan pembelian suatu barang, supaya kamu terhindar dari membuang uang untuk hal-hal yang tidak perlu. 

3. Tingkatkan kemampuan diri

Potensi dan keterampilan yang kamu miliki berhubungan dengan “nilai jual” kamu di lapangan kerja. 

Situasi pandemi saat ini memang kurang nyaman. Namun, perjuangan masih panjang. 

4. Fokus pada prioritas keuangan

Jika ada pengeluaran yang tidak urgent dan dapat ditekan, usahakan untuk menguranginya. 

Contoh cara mengatur keuangan ditengah situasi saat ini adalah dengan cara  pertama – tama menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan Kamu, hal tersebut bisa Kamu diskusikan dan konsultasikan bersama Agen FWD Insurance yang dapat membantu Kamu dalam memberikan informasi dan gambaran atas situasi perkembangan market terbaru saat ini.