ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tidak dapat dimungkiri, wabah virus corona mengubah banyak hal dalam waktu singkat. Tidak hanya dari segi kesehatan saja, pandemi ini juga membawa risiko tinggi pada kondisi keuangan. Meskipun sejumlah perusahaan masih menggaji para pekerjanya dengan besaran normal, tidak sedikit orang yang pemasukannya berkurang drastis atau bahkan hilang sama sekali. Untuk menjaga kondisi keuangan kamu agar tetap stabil di tengah pandemi COVID-19, cek tips-tips di bawah ini!

1. Catat pendapatan dan pengeluaran secara rutin

Kalau selama ini kamu belum punya catatan keuangan harian, sekarang saatnya kamu memulai! Saat ini, sudah banyak aplikasi mobile yang memudahkan kamu untuk membuat catatan keuangan harian. Berapapun jumlahnya, catat seluruh pendapatan dan pengeluaran yang masuk. Jangan lupa, cantumkan juga kategori pengeluaran dan pemasukan yang kamu terima.

Dengan begitu, kamu bisa menilai keadaan keuanganmu saat ini dengan gambaran arus yang jelas. Tanpa catatan dan pengelolaan yang baik, sebesar apa pun penghasilan dapat menguap tak bersisa tanpa tahu ke mana saja uang dihabiskan.

2. Terapkan mindful buying

Rutinitas baru seperti working from home kadang membuat kita mudah tergoda dengan promo-promo belanja online maupun delivery makanan yang praktis. Namun, keinginan bukanlah kebutuhan yang wajib dipenuhi. Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, tanyakan pada diri sendiri: apakah ini keinginan atau kebutuhan? Perlukah barang ini dibeli saat ini juga? Ada nggak alternatif lain yang lebih murah?

Selain itu, hindari juga berbelanja dalam keadaan cemas yang bisa berujung pada panic buying. Usahakan untuk selalu aware dengan tujuan pembelian suatu barang, supaya kamu terhindar dari membuang uang untuk hal-hal yang tidak perlu. 

3. Tingkatkan kemampuan diri

Potensi dan keterampilan yang kamu miliki berhubungan dengan “nilai jual” kamu di lapangan kerja. Banyak perusahaan rela membayar mahal untuk merekrut pekerja dengan keahlian tertentu di bidangnya. Dengan kemampuan yang mumpuni, bukan tidak mungkin keadaan finansialmu akan membaik di masa depan. Manfaatkan kesempatan ini untuk mempelajari keterampilan baru yang bisa meningkatkan value kamu di hadapan perusahaan. Banyak situs-situs yang menyediakan kursus online berbagai bidang secara gratis. Jelajahi YouTube untuk mempelajari tutorial-tutorial yang kamu minati. Punya koleksi buku yang selama ini tak sempat dibaca? Inilah saatnya! Dengan keterampilan baru, siapa tahu kamu bisa mengembangkan karir baru atau memulai bisnis sampingan.

Situasi pandemi saat ini memang kurang nyaman. Namun, perjuangan masih panjang. Jadikan momen ini kesempatan untuk berkembang, mengatur prioritas, dan mencoba hal baru. Dengan mengatur keuangan, kamu bisa lebih tenang mengantisipasi masa depan dan menggali potensimu!

4. Fokus pada prioritas keuangan

Jika ada pengeluaran yang tidak urgent dan dapat ditekan, usahakan untuk menguranginya. Ingat, fokus dulu pada pengeluaran wajib, seperti kebutuhan sehari-hari dan cicilan jika ada. Kalau kamu masih menerima gaji bulanan seperti biasa, alokasikan minimal 30% dari gaji kamu untuk ditabung. Usahakan untuk memiliki dana darurat sebesar 3-6 kali jumlah pengeluaran bulanan kamu sebagai persiapan menghadapi keadaan yang tak menentu. Kamu juga bisa mengalokasikan budget yang sedang tak digunakan, seperti transportasi dan hangout untuk menambah jumlah tabunganmu saat ini.

Contoh cara mengatur keuangan ditengah situasi saat ini adalah dengan cara  pertama – tama menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan Kamu, hal tersebut bisa Kamu diskusikan dan konsultasikan bersama Agen FWD Life yang dapat membantu Kamu dalam memberikan informasi dan gambaran atas situasi perkembangan market terbaru saat ini. Salah satunya dengan memiliki produk FWD SPrInt Link Plus dari FWD Life yang merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi dan dirancang khusus agar Kamu tetap proaktif mempersiapkan dana kesehatan dan dana darurat keluarga pada saat terjadi risiko yang tidak terduga khusus nya di situasi pandemi yang serba tak menentu seperti sekarang ini.  Info lebih lanjut Kamu bisa hubungi;