ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Pakaian adalah salah satu jenis sampah yang tidak dapat terurai. Untuk mengurangi dampak global warming, kita bisa memulai dari diri sendiri, lho! Caranya dengan menerapkan zero waste clothing pada lemari pakaian milik sendiri. Penasaran? Cek tipsnya berikut ini yuk!


Beli pakaian yang akan sering kamu kenakan


i2-prod.mirror.co.uk

Impulsive buying bukan hal baru bagi para shopaholic saat berbelanja. Kamu harus mulai mengurangi kebiasaan ini, ya! Biasanya, jika ada barang yang lucu atau barang baru yang sedang trend, shopaholic terbiasa untuk membelinya tanpa tahu akan dikenakan kemana dan untuk apa.

Menerapkan zero waste clothing bisa kamu lakukan dengan memilah pakaian yang cocok untuk ada di lemarimu. Seperti gaya hidup minimalis, kamu harus membuat lemarimu seminimalis mungkin. Hanya letakkan pakaian yang akan kamu kenakan. Maka, kamu tidak boleh membeli pakaian yang nggak akan kamu pakai, ya!

Penting banget sebelum membeli kamu mengecek apakah pakaian yang akan kamu beli bisa kamu pakai dalam waktu yang lama. Kalau kamu tidak begitu suka modelnya, sebaiknya jangan dibeli, ya!


Pilih bahan dasar pakaian yang ramah lingkungan

 

 

trashisfortossers.com

 

Fast fashion adalah pakaian yang perlu kamu hindari! Meskipun harganya murah, kamu tidak bisa menggunakannya dalam waktu lama karena bahannya yang memang tidak awet. Sering membeli produk fast fashion sama artinya dengan menumpuk sampah. Kamu juga bisa memilih bahan pakaian yang ramah lingkungan, seperti katun atau linen. Pasalnya, ada beberapa bahan yang terbuat dari plastik mikro, seperti polyester, nylon, dan acrylic. Plastik mikro pada bahan tersebut akan terlepas bersama air saat dicuci. Sebaiknya, kamu hindari membeli pakaian dengan bahan tersebut, ya!

 

Recycled barang yang kamu kenakan

 

farmersalmanac.com

 

Mengenakan pakaian yang itu-itu saja tentunya akan membuatmu bosan. Sebelum membeli baju baru, coba deh kamu cari tahu cara recycled pakaian bekas yang sudah jarang kamu pakai! Biasanya, pakaian yang kamu kira sudah tidak bisa dikenakan, malah bisa menjadi pakaian, tas, atau barang recycled lainnya dengan model yang lebih bagus, lho! Bisa menghemat uang sekalian menyelamatkan lingkungan, nih!

 

Bahan-bahan yang bisa direcycled biasanya adalah yang berbahan jeans dan katun. Pakaian yang bahannya awet, sangat banget kan untuk dibuang? Apalagi kalau motifnya masih kece banget. Lebih baik didaur ulang, kan?

 

Jual pakaian baru yang nggak kamu suka

 

 

gannett-cdn.com

 

Akibat impulsive buying, seringkali pakaian yang kamu beli nggak cocok begitu dicoba di rumah. Atau, yang tadinya sebuah pakaian terlihat menarik, tiba-tiba menjadi nggak sesuai dengan gaya kamu. Tenang, kamu nggak perlu merasa bersalah dulu! Kamu masih bisa kok menjual pakaian baru yang nggak kamu suka. Banyak aplikasi tempat jualan baju bekas yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari carousell yang khusus menjual pakaian bekas, shopee, hingga instagram. Kamu juga bisa menjualnya ke pedagang lokal untuk mereka jual kembali, lho!

 

Donasikan pakaian yang sudah nggak dipakai

 

 

asiaone.com

 

Banyak alasan mengapa seseorang nggak lagi mengenakan pakaian lama yang pernah disukainya. Mulai dari sudah nggak cocok dengan gayanya, nggak muat, atau memang kualitas pakaian sudah tidak layak pakai. Bila pakaianmu masih layak dikenakan, namun sudah sering kamu pakai, daripada dijual, ada baiknya kamu mendonasikan pakaian tersebut. Pakaian bekasmu tidak akan menjadi sampah dan masih bisa dikenakan oleh orang lain yang membutuhkan. Jangan lupa, hanya donasikan pakaian yang layak dikenakan, ya!

 

Yuk, terapkan tips zero waste clothing pada lemari pakaian sendiri mulai dari sekarang! Kamu nggak mau kan bumi yang kita tinggali bertumpuk dengan sampah?