ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apakah kamu termasuk generasi milenial yang ingin belajar menabung? Kamu bisa mencoba teknik kakeibo untuk mengatur keuanganmu. Teknik satu ini berasal dari negara Jepang. Dalam buku berjudul Kakeibo : The Japanese Art of Saving Money, Fumiko Chiba membagikan tips untuk menabung dengan teknik Kakeibo. Teknik ini digunakan oleh para Ibu di Jepang untuk mengatur keuangan rumah tangga. Berikut tips menabung bagi generasi milenial dengan teknik kakeibo!

1.      Menulis pendapatan dan pengeluaran setiap bulan dengan rinci



sleekr.co

Aturan utama dari teknik kakeibo adalah untuk menulis pemasukan dan pendapatan serinci mungkin di atas kertas. Kamu nggak diperkenankan menggunakan aplikasi. Biasanya, orang-orang di Jepang menggunakan buku besar untuk menggambarkan kondisi keuangan mereka. Kamu harus jujur dan menuliskan pendapatan sesuai dengan gaji yang kamu terima tanpa uang lembur. Kamu juga harus benar-benar jeli saat merencanakan pengeluaran.

 

Dengan menuliskan pendapatan dan pengeluaran setiap bulan, kamu akan memahami kemana saja perginya uang yang kamu miliki. Langkah pertama ini akan menentukan berapa banyak jumlah uang yang harus kamu tabung setiap bulannya.


2.      Menentukan berapa banyak jumlah uang yang dapat kamu sisihkan


hikariblog.net

Apakah kamu sudah mengetahui gambaran kondisi keuanganmu dari pendapatan dan pengeluaran yang kamu tuliskan? Nah, sekarang saatnya untuk memutuskan berapa banyak jumlah uang yang harus kamu tabung setiap bulan. Jika pendapatanmu lebih besar dari pengeluaran, maka sisa pendapatan dapat kamu masukkan ke dalam tabungan. Namun, jika pengeluaranmu menghabiskan pendapatan, maka kamu harus merelakan kebutuhan tersier agar bisa menabung.


3.      Memantau anggaran yang seharusnya kamu tabung


visitmonaco.com

Setelah mengetahui besarnya uang yang harus kamu tabung, sekarang saatnya untuk menahan diri membuat pengeluaranmu membengkak. Kamu harus rajin memantau kemana perginya setiap uang yang kamu hasilkan. Perencanaan keuangan yang matang saja nggak cukup untuk berhasil memiliki tabungan sesuai target yang kamu inginkan. Kamu juga harus kuat menahan diri untuk tidak membeli keperluan yang ada di luar budgeting-mu!


4.      Membuat perencanaan keuangan selama setahun


123rf.com

Sekarang saatnya kamu membuat perencanaan keuangan selama setahun ke depan dengan berbekal gambaran pemasukan dan pengeluaran bulanan yang kamu miliki! Dengan memiliki perencanaan yang matang selama setahun, jumlah tabunganmu akan semakin meningkat.

 

5.      Menggunakan amplop untuk membagi anggaran


listverse.com

Teknik kakeibo juga memberikan tips bagi kamu yang nggak bisa mengelola uang setelah gajian. Setelah menerima gajian bulanan, kamu wajib untuk langsung meletakkannya pada beberapa amplop yang telah dilabeli. Kamu bisa memberikan label sesuai dengan pengeluaran yang sudah tertulis di dalam buku catatanmu. Dengan metode ini, kamu bisa menabung di awal bulan setelah memastikan semua anggaran dana masuk ke dalam amplop-amplop yang kamu siapkan.

 

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk menerapkan teknik kakeibo dalam menabung?