ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apakah kamu termasuk generasi milenial yang ingin belajar menabung? Kamu bisa mencoba teknik kakeibo untuk mengatur keuanganmu. Teknik satu ini berasal dari negara Jepang. Dalam buku berjudul Kakeibo : The Japanese Art of Saving Money, Fumiko Chiba membagikan tips untuk menabung dengan teknik Kakeibo. Teknik ini digunakan oleh para Ibu di Jepang untuk mengatur keuangan rumah tangga. Berikut tips menabung bagi generasi milenial dengan teknik kakeibo!

1.      Menulis pendapatan dan pengeluaran setiap bulan dengan rinci



sleekr.co

Aturan utama dari teknik kakeibo adalah untuk menulis pemasukan dan pendapatan serinci mungkin di atas kertas. 

Dengan menuliskan pendapatan dan pengeluaran setiap bulan, kamu akan memahami kemana saja perginya uang yang kamu miliki. 


2.      Menentukan berapa banyak jumlah uang yang dapat kamu sisihkan


hikariblog.net

Apakah kamu sudah mengetahui gambaran kondisi keuanganmu dari pendapatan dan pengeluaran yang kamu tuliskan? Nah, sekarang saatnya untuk memutuskan berapa banyak jumlah uang yang harus kamu tabung setiap bulan. 


3.      Memantau anggaran yang seharusnya kamu tabung


visitmonaco.com

Setelah mengetahui besarnya uang yang harus kamu tabung, sekarang saatnya untuk menahan diri membuat pengeluaranmu membengkak. 


4.      Membuat perencanaan keuangan selama setahun


123rf.com

Sekarang saatnya kamu membuat perencanaan keuangan selama setahun ke depan dengan berbekal gambaran pemasukan dan pengeluaran bulanan yang kamu miliki! Dengan memiliki perencanaan yang matang selama setahun, jumlah tabunganmu akan semakin meningkat.

 

5.      Menggunakan amplop untuk membagi anggaran


listverse.com

Teknik kakeibo juga memberikan tips bagi kamu yang nggak bisa mengelola uang setelah gajian.  

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk menerapkan teknik kakeibo dalam menabung?