ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Liburan penting banget lho untuk dilakukan. Meskipun dilakukan setahun sekali, kamu dapat menghilangkan stress saat liburan. Liburan adalah investasi yang bagus sebelum kamu memulai awal tahun 2020 dengan kembali bekerja.


1.      Membuat rencana pengeluaran dari jauh-jauh hari



clicky.co.uk

Kamu nggak boleh berangan-angan saja untuk pergi liburan. Kamu harus memikirkan perencanaan keuangan dengan detail. Semakin jauh hari kamu mempersiapkannya, semakin besar kemungkinanmu untuk bisa mencapai keinginan. Nah, kamu bisa memulai dengan mencari tahu biaya perjalanan, penginapan, hingga berapa besar pengeluaran yang kamu butuhkan selama berada di lokasi liburan. Jangan lewatkan pengeluaran sekecil apa pun! Seperti, uang untuk makan, jajan, dan membeli oleh-oleh.

 

Tulislah rencana pengeluaranmu tersebut agar kamu bisa memikirkan bagaimana cara menyisihkan uang sesuai perhitunganmu. Setelah membuat anggaran keuangan dengan rinci, sekarang waktunya mencari cara untuk mewujudkannya nih! Kamu bisa menabung atau mencari penghasilan tambahan sebagai cara untuk mewujudkan liburan. Dalam menabung, kamu harus menentukan target nih! Misalnya, kamu bisa menentuka berapa nominal yang harus kamu sisihkan dalam sebulan. Pastikan jika diakumulasikan, nominal ini sudah cukup untuk pergi liburan.


2.      Memanfaatkan promo-promo liburan


qz.com

Setelah membuat perencanaan yang matang, waktunya mencari promo nih. Banyak banget promo liburan yang ditawarkan. Mulai dari transportasi, penginapan, hingga agen perjalanan. Kamu tinggal memilih sesuai dengan rencana liburan dan budget yang kamu miliki. Catat tanggal promo agar kamu bisa mendapatkan harga termurah. Memanfaatkan promo liburan akan menghemat banyak pengeluaran lho! Namun konsekuensinya kamu harus mengeluarkan uang di awal. Tetapi dijamin kamu nggak akan rugi kok.


3.      Menekan pengeluaran yang nggak perlu sebelum liburan



today.com

Ketika memiliki perencanaan pengeluaran yang matang untuk liburan akhir tahun, kamu harus memiliki kesadaran untuk berhemat nih! Jika kamu terus-terusan menuruti keinginan sesaat, maka rencana liburan akhir tahunmu bisa menjadi berantakan. Itu sebabnya kamu harus merelakan beberapa hal yang sebenarnya nggak terlalu kamu butuhkan. Misalnya, kamu bisa mengganti pengeluaran makan di restoran mahal dengan memasak sendiri di rumah. Kamu juga bisa mengganti uang membeli kopi di kafe dengan membuatnya sendiri di rumah.

 

Untuk dapat menekan pengeluaran, diperlukan juga sikap yang tegas darimu untuk menolak ajakan teman-teman. Seringkali, kamu nggak bisa menahan keinginan untuk membeli makanan mahal hingga berbelanja jika sudah terlanjur berada di luar rumah. Ini nggak berarti kamu sama sekali nggak boleh jalan-jalan ya! Kamu masih bisa kok sesekali pergi keluar rumah. Asalkan, kamu memberi budgeting berapa pengeluaran harian yang harus kamu keluarkan.

 

4.      Menyiapkan plan B jika plan A nggak berhasil


travelonline.com


Meskipun sudah berencana dengan rinci, terkadang ada saja halangan yang nggak terduga. Nah, untuk mengatasinya, kamu harus fleksibel dan memiliki plan B.Jangan sampai ketika nggak bisa berlibur sesuai rencana, kamu jadi membatalkan rencana liburan. Sayang banget kan jika momen liburan akhir tahun yang hanya datang setahun sekali nggak jadi kamu manfaatkan?

 

Bagaimana? Sudah siap nih untuk liburan akhir tahun?