ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Soal mengelola keuangan ini memang susah-susah gampang. Jangan sampai belum akhir bulan dan belum sempat membayar kebutuhan pokok, uang bulanan keburu habis. Salah satu cara mensiasatinya adalah dengan hemat saat berbelanja. Bagaimana caranya? Tips ini bisa kamu contek:

 

Belanja saat ada promo akhir minggu

 

© Pexels.com

 

Saat ini banyak promo di supermarket yang biasanya berlangsung di akhir minggu. Manfaatkan untuk membeli kebutuhan-kebutuhan pokok yang mendasar, seperti bahan makanan, buah serta sayur. Cukupkan kebutuhannya untuk seminggu ke depan. Selisih harga dibandingkan harga regulernya cukup menguntungkan lho.

 

Menerapkan meal prep

 

© Pexels.com

 

Meal preparation (atau biasanya disebut meal prep) adalah metode menyiapkan makanan untuk stok dalam jumlah banyak. Metode ini sangat membantu karena mau tak mau kita harus merencanakan menu makanan untuk beberapa hari ke depan. Dengan cara ini, kita tak perlu lagi kerepotan memasak setiap hari. #MasaGakMau yang lebih praktis?

 

Selain itu, dengan perencanaan menu yang matang, tidak akan ada bahan makanan tersisa yang terbuang percuma. Lebih hemat 'kan?

 

Mengolah kembali makanan tersisa

 


© Pexels.com

 

Mengapa tidak mengolah kembali makanan tersisa yang layak konsumsi? Dengan kreativitas, kamu bisa menciptakan menu baru darinya. Sisa nasi bisa dibuat menjadi bubur ayam yang nikmat. Atau balado udang dijadikan nasi goreng, why not? Selain menghemat, kita juga mengurangi sampah akibat pembuangan makanan. Untuk beberapa jenis makanan berbahan sayur, memang sebaiknya tak dikonsumsi lagi setelah seharian.

 

Memasak menu sederhana dan tidak perlu ribet

 


© Pexels.com

 

Pengantin baru biasanya sangat bergairah menyiapkan makanan untuk pasangannya dengan memasak makanan yang enak-enak. Seringkali makanan tersebut membutuhkan bahan dengan harga yang mahal. Nah, sebetulnya kamu bisa kok mengakalinya. Misalnya hanya memasak menu fancy di akhir pekan. Sementara di hari biasa, menu sederhana saja cukup asal sehat.

 

Pertimbangkan juga menu makanan yang bisa dijadikan dua masakan yang berbeda. Misalnya, ketimbang membuat dadar jagung udang, kamu bisa membagi bahan yang sama menjadi seporsi sayur bayam jagung dan udang goreng. Lebih variatif bukan?

 

Berhemat bukan berarti menyiksa diri kok. Justru menyenangkan jika bisa menemukan kreatif memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan biaya yang lebih murah.