ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tapi, tidak perlu didebatkan kalau untuk belajar musik secara resmi melalui kursus yang banyak berdiri memang relatif mahal. Bahkan kalau dibandingkan dengan kursus pelajaran sekolah masih lebih mahal biaya kursus alat musik. Meski begitu, tidak lantas hal ini bisa menjadi alasan kita untuk tidak bisa bermain alat musik. Di jaman serba maju ini, kita bisa kok belajar untuk fasih memainkan alat musik dengan mempelajarinya menggunakan metode otodidak alias belajar sendiri. Supaya lebih optimal, tips di bawah ini mungkin bisa membantumu lebih cepat menguasai permainan alat musik yang kamu sukai.

 


https://www.minuteschool.com

 

Fokus pada satu jenis alat musik dulu

Namanya belajar, pilihlah satu saja alat musik yang kamu sukai dan mulailah dengan permainan yang sederhana. Kamu bisa memulai belajar musik dengan mempelajari teorinya secara mandiri, menghafalkan not dan kunci, lantas memainkan lagu yang memiliki permainan nada sederhana. Bukannya tidak memperbolehkan untuk belajar lebih dari satu alat musik, namun fokus pada satu hal akan menghasilkan hal yang lebih optimal - dalam hal ini adalah penguasaan permainan alat musik tersebut.

 

Kuncinya adalah konsisten berlatih

Mulai dari lagu sederhana hingga lagu-lagu yang memiliki susunan nada lebih kompleks, rajin-rajinlah melatih jari-jemari, tangan, maupun kakimu untuk bisa membiasakan diri baik dengan cara memegang alat musik maupun menghafalkan kunci dan teknik dasarnya. Di hari-hari pertama, mungkin akan terasa sulit dan berat bagimu, hasil latihanmu pun mungkin sangat jauh dari harapan. Akan tetapi jangan menyerah dan terus latih kemampuanmu supaya kamu lebih terbiasa memainkannya.

 

Manfaatkan sumber belajar gratis yang tersebar di internet

Dikarenakan belajar otodidak, kamu mungkin tidak punya guru atau teman yang ahli memainkan alat musik yang dapat mendampingimu secara intens. Benar salahnya latihan yang kamu dapat mungkin tidak bisa langsung mendapatkan koreksi dari yang ahli. Maka kamu harus banyak membaca sumber-sumber belajar musik yang bisa kamu akses secara gratis. Beberapa situs yang menyediakan dasar-dasar belajar alat musik secara gratis antara lain MusicTheory.net, Fender Play, StudyBass, Violin Online, GuitarLessons.com, dan lain-lain.

 

Punya teman yang ahli bermain alat musik? Minta bantuannya untuk sesekali mendampingimu

Jika kamu merasa tidak terlalu percaya diri, mungkin kamu membutuhkan pendampingan dan dukungan dari orang yang lebih fasih memainkan alat musik. Jangan malu untuk bertanya dan meminta koreksinya dari caramu berlatih. Kalau perlu, catat koreksi yang mereka berikan dan tempelkan di dinding kamar agar kamu selalu ingat ketika berlatih secara mandiri. Bahkan ketika kamu tidak punya teman yang ahli main musik, masih ada situs Youtube yang menyediakan berbagai konten video dari kreator yang membuat video tutorial maupun tips and trick. Selalu ada pihak yang bisa membantumu sekalipun itu bukan orang yang kamu kenal.

 


https://res.cloudinary.com

 

Mengukur kemampuan kita dengan performing

Dalam hal ini bukan berarti kamu harus langsung unjuk gigi di depan panggung konser besar ya. Kamu bisa mulai menunjukkan kemampuanmu bermain musik dengan mendampingi temanmu bernyanyi di saat-saat nonformal, seperti saat reuni sekolah. Mulai dari level perform rendah, kamu akan menumbuhkan rasa percaya dirimu sembari mengoreksi dirimu sendiri. Kalau kamu tidak mencoba untuk menunjukkan kemampuanmu, kamu bahkan tidak bisa mengukur sejauh mana hasil belajar musik secara otodidak yang kamu lakukan tersebut berhasil. Tidak perlu malu, namanya juga belajar. Bahkan, permainanmu yang sederhana itu tentu jauh lebih baik daripada mereka yang tidak pernah belajar. Iya kan?

 

Tidak perlu minder dengan hasil belajar musik orang yang mengikuti kursus

Bahkan seniman yang sering kita nikmati musiknya pun juga ada yang belajar dengan cara otodidak. Cara otodidak maupun kursus tidak bisa menjaminkan hasil akhir permainan maupun bagaimana seni musik yang dibuat pemain musik tersebut. Namun belajar dengan otodidak juga tidak berarti seniman tersebut bermain asal-asalan. Kunci kemampuan fasih seseorang dalam memainkan alat musik adalah konsisten untuk belajar, berlatih, dan melakukan evaluasi terhadap kemampuannya sendiri. Setelah itu, tinjau kembali apakah permainan tersebut untuk kebutuhan komersil, hiburan pribadi, atau memang untuk menghasilkan seni yang utuh. Well, tujuan dari belajar musik sejatinya juga berpengaruh pada bagaimana cara kita belajar musik secara otodidak, karena hal itu (secara tidak langsung) ikut menyetir kita pada target tak nampak yang ingin dicapai.

 

Beberapa tips dan trik di atas hanyalah poin yang bersifat sebagai saran agar pembelajaran musik yang ingin kamu lakukan secara otodidak berhasil sesuai harapan. Namun, ada hal yang perlu diingat bahwa musik adalah seni dan seni tidak bisa dipaksakan. Kembali pada tujuan awal, sebenarnya apa yang ingin kamu capai dari kemampuanmu bermain musik? Pertanyaan ini mungkin bisa memotivasi seseorang untuk belajar musik dan di saat bersamaan juga sekaligus mengerem keinginan ngotot yang mungkin menggebu-gebu ketika berlatih. Ingat, seni yang baik juga melibatkan hati senimannya. Karya yang besar tidak melulu karena ada tujuan profit yang ingin dicapai.