ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Sudah punya pekerjaan tetap dan gaji bulanan tapi belum bisa menabung? Seringkali tidak sadar ke mana uang dihabiskan? Tenang, kamu tidak sendirian. Meskipun sudah memiliki penghasilan yang lebih dari cukup, banyak orang yang merasa uangnya habis entah ke mana. Karena itu, mereka merasa tidak bisa menabung secara rutin. Apakah benar itu yang terjadi? Apa saja penyebab susah menabung dan bagaimana cara mengatasinya? Simak jawabannya di bawah ini!


1. Tidak punya budget

Memiliki budget pengeluaran setiap bulan akan sangat membantumu untuk mengetahui apa saja yang kamu beli dengan uangmu. Dengan begitu, kamu bisa mulai mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan menggunakan uangnya untuk ditabung. Buat budget untuk beberapa jenis pengeluaran, misalkan budget makan dan minum, budget transportasi, dan budget belanja. Usahakan untuk tidak menghabiskan uangmu melebihi batas budget yang telah kamu tentukan.


2. Mudah tergoda dengan kartu kredit

Promo-promo kartu kredit memang terlihat menguntungkan, tetapi kamu harus bisa menentukan apakah kamu benar-benar membutuhkan promo tersebut atau hanya lapar mata saja. Misalnya, kartu kredit tertentu memberikan diskon 50% untuk pembayaran di suatu restoran. Meskipun terkesan murah, makan di restoran tetap lebih mahal dibandingkan dengan makan di rumah. Walaupun sekilas terlihat menguntungkan, pada akhirnya kamu tetap harus mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu.


3. Tidak punya rekening tabungan

Penting untuk memisahkan rekening konsumsi dengan rekening tabungan. Dengan begitu, kamu tidak akan tergoda untuk menghabiskan uang yang sudah kamu tabung. Lebih baik lagi jika bank yang kamu gunakan menyediakan fitur autodebet untuk mentransfer sejumlah uang yang telah kamu tentukan setiap bulannya ke rekening tabunganmu, sehingga kamu tidak lupa menyisihkan dana tabungan.


4. Tidak punya tujuan yang jelas

Pada akhirnya, menabung tanpa ada tujuan yang pasti tidak akan membuatmu termotivasi. Tentukan dulu tujuanmu menabung: apakah untuk mengumpulkan dana darurat, tabungan jangka panjang untuk dana pensiun, atau tabungan untuk membeli rumah di masa depan? Dengan tujuan yang jelas, kamu akan lebih sadar akan urgensi memiliki tabungan. Tentukan juga jumlah tabungan yang dibutuhkan dan berapa lama kamu harus mendapatkannya agar kamu semakin termotivasi untuk menabung.


        Setelah memahami keempat alasan di atas, kamu bisa lebih mudah menyisihkan uang untuk ditabung demi masa depan. Selain menabung, kamu juga perlu memiliki perlindungan. Selama bulan Juni 2020, ada manfaat tambahan khusus hingga Rp100 juta* dari FWD Life untuk perlindungan dari virus corona (COVID-19), berupa manfaat tunai harian, karantina, hingga meninggal jika terdiagnosis positif COVID-19 selama masa periode promo. Selengkapnya di fwd.co.id!



*Syarat & ketentuan berlaku