ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Masa pensiun mungkin terasa masih jauh sehingga sering diabaikan. Kamu mungkin masih aktif bekerja dan kenyataan mengenai pensiun dan berhenti bekerja masih jauh dari bayangan. Yang kamu perlu lakukan sekarang adalah mengecek perkiraan Jaminan Pensiun atau Jaminan Hari Tua yang akan kamu terima di usia pensiun. Jika hasilnya terasa kurang, kamu perlu menabung lebih untuk hidup mandiri dan nyaman selama pensiun. Berikut empat alasan mengapa kamu perlu mengumpulkan dana pensiun.


Masa tua yang lebih nyaman dan aman

Masa pensiun yang nyaman adalah ketika kamu masih mampu memenuhi kebutuhan hidup sekaligus gaya hidup walau tanpa penghasilan aktif. Usia harapan hidup masyarakat Indonesia sendiri adalah 71,2 tahun.[1] Dengan asumsi kamu pensiun di usia 55 tahun, kamu membutuhkan dana pensiun untuk hidup, mendapatkan hiburan, dan bahkan liburan selama kurang lebih 16 tahun tanpa penghasilan aktif. Dengan perencanaan keuangan yang matang, masa pensiun yang aman dan nyaman bisa kamu capai.

Menghindari terciptanya sandwich generation

Hidup di masa tua bukan berarti mengandalkan harta dari anak. Kita anggap uang dari anak hanyalah bonus dan bukan kewajiban, karena anak juga memiliki tanggung jawab terhadap keluarganya sendiri. Ketika anak harus menanggung pengeluaran orang tua dan keluarganya sendiri, ia sudah termasuk sandwich generation. Dengan dana pensiun yang aman, kamu bisa mencegah terjadinya sandwich generation dan mengurangi beban anak.

Semakin tua, semakin berat

Seiring dengan beranjaknya usia, kebutuhan cenderung bertambah dan gaya hidup semakin meningkat. Faktor, seperti dana pensiun cenderung terlupakan karena bukan hal yang terlihat di depan mata. Padahal, dana pensiun itu besar. Untuk mencapai target dana pensiun yang diharapkan, kamu perlu menabung dana pensiun sedini mungkin agar menjadi kebiasaan dan terasa lebih ringan setiap bulannya. Kamu akan lebih mudah jika menabung selama 20 tahun, dibandingkan dengan dua tahun, bukan?

Faktor Inflasi

Secara sederhana, inflasi adalah kenaikan harga secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.[2] Dalam konteks dana pensiun, biaya bulanan yang sudah kita perhitungkan saat ini harus dihitung ulang dengan pertimbangan inflasi. Misalkan, kamu membutuhkan Rp5 juta/bulan dengan asumsi inflasi 5%, nilai tersebut akan berkembang menjadi Rp13.266.488/bulan dalam 20 tahun ke depan. Untuk itu, kamu juga perlu mempertimbangkan deposito, emas, reksadana, atau saham untuk menambahkan dana pensiun kamu.  

 

Seiring bertambahnya usia, bertambah pula risiko kesehatan. Jangan sampai dana pensiun dan tabungan kamu terkuras karena penyakit. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan diri dari sekarang untuk mengantisipasi risiko kesehatan dan finansial di masa depan. FWD Critical Armor siap melindungi kamu dari 65 jenis penyakit kritis major dan minor, dan bisa diklaim hingga lebih dari 3 kali! Jika didiagnosis penyakit kritis major, kamu dibebaskan dari kewajiban membayar premi. Kalau sehat terus dan tidak pernah terdiagnosis penyakit kritis major? Premi kembali 100% di akhir masa asuransi! Daftarnya online, tanpa perlu bertemu agen di tengah pandemi! Ingin tahu lebih lanjut? Lihat selengkapnya di https://www.fwd.co.id/id/protect/critical-illness/critical-armor/


Sumber :

[1] https://www.cnbcindonesia.com/news/20190827153154-4-95076/bps-usia-harapan-hidup-ri-capai-712-tahun

[2] https://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/pengenalan/Contents/Default.aspx