ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Ayam Malaya, Kelapa Gading


assets-pergikuliner.com

Apa yang pertama kali terlintas di benakmu saat mendengar nama ayam malaya? Bukan, ayam malaya bukanlah ayam yang berasal dari Semenanjung Malaya. Ayam ini adalah ayam goreng tepung yang disiram dengan kuah yang rasanya asin dan gurih. Perpanduan teksturnya yang renyah dan kuah yang lezat, tentu bisa membuatmu ingin makan lagi dan lagi. Selain menjual ayam malaya, kedai yang berlokasi di jalan Janur Asri I blok QL2 nomor 8 ini juga menjual sejumlah makanan lain seperti ayam gohyong, yaitu daging ayam cincang yang dibalut dengan kembang tahu kemudian digoreng. Ayam yang bertekstur renyah di luar dan lembut di dalam ini, disajikan dengan kuah yang sama seperti yang digunakan di ayam malaya. Selain itu ada pula sajian aneka nasi dan mie.


Soto Betawi H. Sainin, Cakung


https://scontent-bru2-1.cdninstagram.com

Berlokasi di jalan Raya Bekasi KM 24, Cakung, Jakarta Timur, Soto Betawi Haji Sainin dijual di sebuah rumah makan yang tidak terlalu besar. Meski begitu, kelezatan soto betawi ini tidak perlu diragukan. Dengan merogoh kocek sebesar Rp29 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan seporsi soto betawi yang kaya gizi beserta nasi putih dan juga kerupuk emping.


Bubur Ayam H. Jewo, Menteng


assets-pergikuliner.com

Kalau kalian berjalan-jalan ke kawasan Masjid Cut Meutia, kalian pasti akan melihat banyak penjual kaki lima. Mulai dari sate, soto, gudeg, hingga bubur ayam, semuanya ada di sini. Meskipun berjualan di pinggir jalan, tetapi jangan salah! Banyak makanan-makanan enak yang dijual di sana. Salah satunya adalah bubur ayam H. Jewo yang dulu lebih dikenal sebagai bubur Tanjung. Bubur ayam ini memiliki citarasa yang gurih dengan banyak potongan daging ayam di atasnya. Selain menjual bubur ayam, ada pula aneka sate yang bisa melengkapi citarasa bubur ayam yang kamu makan. Porsinya juga cukup besar, sehingga bisa membuat penikmatnya kenyang cukup lama. Kalau ingin mencicipi bubur ayam ini, kamu bisa datang ke jalan Taman Cut Mutiah nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat sejak pukul 6 hingga 10 pagi.


Gudeg Bu Tinah, Stasiun Gondangdia, Menteng


instagram.fprg2-1.fna.fbcdn.net

Masih berada di kawasan Masjid Cut Meutia, tepatnya di bawah stasiun Gondangdia, ada rumah makan gudeg jogja Bu Tinah. Gudeg Bu Tinah ini agak berbeda dengan gudeg Yogyakarta lainnya meski namanya ‘gudeg jogja’. Biasanya gudeg jogja memiliki citarasa yang sangat manis, tetapi gudeg Bu Tinah dimasak sedikit basah dan memiliki rasa yang gurih. Ini membuatnya lebih menyerupai gudeg Surakarta. Untuk menuju ke rumah makan gudeg jogja Bu Tinah ini sebenarnya cukup mudah karena lokasinya yang dekat dengan jalan raya. Namun, yang sulit adalah mencarinya karena di daerah ini ada banyak warung berwarna oranye yang tampak serupa.

Sebelumnya, gudeg jogja Bu Tinah ini berlokasi di dalam Pasar Gondangdia, tetapi setelah pindah ke lokasi sekarang, gudeg Bu Tinah jadi memiliki banyak pelanggan yang merupakan pengguna kereta. Nah, dari sejumlah spot kuliner tersembunyi Jakarta di atas, mana yang paling ingin kamu coba? Semoga kamu bisa mencoba semuanya dan juga menemukan kuliner underrated lainnya di Jakarta ya. Selamat makan!