ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Pilih cleanser yang lembut

Mencuci muka terlalu sering dengan cleanser yang keras akan membuat kulitmu kering. Pilihlah facial cleanser dengan pH seimbang yang akan membersihkan kulitmu tanpa membuatnya kering. Hindari juga bahan-bahan yang dapat membuat iritasi, seperti sodium lauryl sulfate dan paraben.

 

2. Gunakan produk yang mengandung hyaluronic acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat adalah senyawa alami yang memiliki kemampuan mengikat molekul air. Karena itu, hyaluronic acid sangat bermanfaat untuk menambah dan mempertahankan kelembapan kulit. Zat ini dapat ditemukan dalam kandungan berbagai produk skincare, seperti toner, pelembab, serum, hingga masker.

 

3. Pakai sheet mask untuk kelembapan ekstra

Masker sekali pakai yang dipopulerkan oleh merek-merek kosmetik Korea ini dapat dimanfaatkan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Jika kamu mudah berjerawat, gunakan sheet mask satu minggu sekali. Pilihlah sheet mask yang mengandung ceramides, hyaluronic acid, rice bran, atau macadamia oils untuk menutrisi kulit secara mendalam.

 

4. Jangan lupakan lip balm

Saat berpuasa, kamu akan menahan minum selama kurang lebih 13 jam. Tak jarang, bibir menjadi kering karena kurangnya asupan air. Karena itu, jangan lupa menggunakan lip balm untuk menjaganya kelembapannya. Kamu dapat mengaplikasikan lip balm meskipun sedang berpuasa. Jika tidak sengaja tertelan, puasamu tetap tidak batal.

 

5. Hindari konsumsi kafein

Kafein bersifat diuretik yang berfungsi membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh. Karena itu, konsumsi kafein yang berlebihan dapat membuat kulitmu dehidrasi. Pada bulan puasa, cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein untuk menjaga kelembapan kulitmu.

 

Bulan puasa nanti, kamu tidak hanya menjaga hati, tetapi juga kondisi kulitmu.



Sumber: 

https://eminenceorganics.com/ca/blog/2016/03/23/4-signs-your-skin-dehydrated-how-fix-it

https://www.alodokter.com/inilah-manfaat-hyaluronic-acid-untuk-kecantikan-kulit

https://www.allure.com/story/sheet-mask-every-day

https://www.popbela.com/beauty/skin/emillia-nurdivahafsari-kusumawardani/skincare-untuk-bulan-puasa-1/5

https://muslimah.or.id/2283-hukum-memakai-pelembab-bibir-ketika-puasa.html

https://eminenceorganics.com/ca/blog/2016/03/23/4-signs-your-skin-dehydrated-how-fix-it