ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.      Snow Globe Cheesecakes

Bentuknya yang menggemaskan bikin gak tega untuk dimakan. Namun, rasanya yang enak bikin nambah di setiap gigitan. Cara buatnya pun gak perlu dipanggang loh!

 

Bahan-bahan

(untuk 5 porsi):

-          Crust:

o   1 cup remahan graham cracker

o   4 sendok makan mentega tawar meleleh

o   ¼ sendok teh garam kosher

o   ¼ cup sprinkles berwarna merah

 

-          Cheesecake:

o   2 bungkus ¼ ons agar-agar bubuk tanpa rasa

o   12 ons krim keju, suhu ruangan

o   ¾ cup gula halus yang sudah diayak

o   ½ cup sour cream

o   2 sendok makan jus lemon

o   2 sendok teh ekstrak vanila

o   ½ sendok teh garam kosher

 

-          Agar-Agar Snow Globes:

o   1 ons green candy melting wafers

o   1 ½ sendok teh coconut oil

o   Pewarna makanan hijau

o   2 ¾ cup Sprite

o   5 bungkus ¼ ons agar-agar tanpa rasa

o   2 sendok makan gula pasir

o   1 sendok teh edible glitter

o   ½ cup nonpareil putih

 

Alat:

-          Cetakan muffin silikon

-          Piping bag

-          Cetakan setengah bola silikon

 

Cara membuat:

1.     Campurkan remahan graham cracker, mentega, garam, dan sprinkles merah ke mangkuk besar.

2.     Bagikan campuran tadi ke lima cetakan muffin dan masukkan ke kulkas.

3.     Untuk membuat cheesecake, campurkan agar-agar dengan ¼ cup air di mangkok dan tunggu selama 5 menit.

4.     Sementara itu, aduk krim keju dengan mixer selama 1 menit di mangkuk terpisah. Tambahkan gula halus, sour cream, jus lemon, vanila, garam, kemudian aduk hingga merata.

5.     Microwave campuran agar-agar tadi selama 30 detik. Kemudian, campurkan dengan adonan krim keju dan aduk hingga merata.

6.     Letakkan adonan cheesecake ke atas crust yang sudah dibuat. Tutup dengan wrap plastik dan masukkan ke kulkas selama 2 jam.

7.   Untuk membuat pohon natal dalam snow globe, lelehkan green candy melting wafers dan coconut oil di dalam mangkuk dengan microwave.  Tambahkan 3 tetes pewarna makanan dan campurkan, kemudian masukkan ke piping bag.

8.    Di atas baking sheet, mulai gambar pohon Natal dengan lelehan permen tadi. Masukkan ke kulkas selama 5 menit, kemudian letakkan di suhu ruangan. 

9.   Untuk membuat lapisan kaca snow globe, tuang ¾ cup Sprite ke pan, campurkan dengan bubuk agar-agar, kemudian aduk. Tambahkan gula halus pada campuran agar-agar.

10. Tuang agar-agar ke cup dan aduk bersama sisa 2 cup Sprite. Gunakan sendok untuk mengambil gelembung di permukaan. Tinggalkan di suhu ruangan selama 20 menit, kemudian tambahkan glitter silver dan aduk kembali.

11.  Tuang adonan ke cetakan setengah bola. Kemudian, masukkan ke kulkas selama 6-8 menit hingga bagian atas agar-agar mengeras.

12.  Masukkan pohon natal permen yang sudah dibuat dan tunggu hingga agar-agar menutupi pohon. Letakkan di kulkas selama 6 jam.

13. Secara perlahan, lepaskan cheesecake dari cetakan kemudian celupkan bagian atas cheesecake ke nonpareil. Kemudian, tambahkan agar-agar snow globe di atas cake.

14.  Selamat mencoba!

 

2.      Christmas Yule Log

Penggemar cokelat pastinya suka dengan kue berbentuk potongan kayu ini! Dengan krim Baileys dan taburan hazelnut, siapa yang bisa menolak kue yang satu ini?

 

Bahan:

-          Sponge cake

o   100 gram tepung self-raising

o   50 gram cocoa powder

o   1 sendok teh kayu manis giling

o   6 telur

o   100 gram gula kastor

o   2 sendok makan susu

 

-          Brittle

o   50 gram potongan hazelnut

o   70 gram gula kastor

 

-          Ganache

o   100 gram potongan dark chocolate

o   150 ml double cream

 

-          Filling

o   250 ml double cream

o   2 sendok makan icing sugar

o   6 potongan Ferrero Rocher

 

Cara membuat:

1.    Panaskan oven hingga 180Celsius. Alaskan loyang swiss roll berukuran 25x38 cm dengan baking paper

2.    Untuk membuat sponge, ayak tepung, cocoa, dan kayu manis ke mangkuk. Pisahkan putih dan kuning telur. Aduk kuning telur dengan ½ porsi gula selama 5 menit. Kemudian, aduk putih telur dengan sisa gula, dan sedikit garam.

3.  Dengan sendok besi besar, tambahkan 1/3 adonan putih telur ke kuning telur, kemudian masukkan 1/3 tepung. Ulangi proses ini hingga 2 kali. Tambahkan susu agar adonanmu mengental ya.

4.    Tuang adonan ke loyang, kemudian panggang selama 10-12 menit.

5.  Keluarkan sponge cake dari loyang dan letakkan di baking paper. Lepaskan baking paper lama yang menempel pada kue. Kemudian, gulung sponge cake dengan baking paper baru.

6.    Untuk membuat brittle, campurkan gula dan sedikit air di pan dengan medium heat. Setelah caramel terbentuk, tuangkan potongan hazelnut.

7.   Untuk membuat ganache, panaskan double cream, kemudian tuang potongan dark chocolate. Aduk hingga merata dan tinggalkan di kulkas selama 20 menit.

8.    Untuk membuat filling, aduk cream dengan Baileys (opsional), dan icing sugar.

9.    Buka gulungan swiss roll tadi dan lapiskan cream di atas sponge dengan sisa 2 cm di ujung cake. Taburkan juga potongan Ferrero Rocher-nya ya, kemudian gulung cake dan pindahkan ke piring.

10.  Lapisi cake dengan ganache secara merata. Gunakan pisau tak bergerigi untuk membuat efek kayu pada kue. Kemudian, tinggalkan di kulkas selama 10-15 menit.

11.   Pakailah food processor untuk membuat brittle menjadi pecahan kecil. Kemudian, taburkan di atas kue cokelatmu.

12.   Selamat mencoba.

 

Yuk, pakai apronmu dan mulai siapkan yang manis-manis untuk hari Natal! Namun, perlu diingat, jaga asupan makananmu ya agar tidak terjadi risiko kesehatan di masa depan.

 

Untuk kamu yang khawatir dengan masalah penyakit, terutama risiko finansialnya, kamu bisa mempertimbangkan Asuransi Bebas Handal, asuransi kesehatan berbasis syariah yang lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun.

 

Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online. Selengkapnya di: https://www.ifwd.co.id/bebas-handal.


Sumber:

https://www.foodnetwork.com/recipes/food-network-kitchen/snow-globe-cheesecakes-7262670

https://www.olivemagazine.com/recipes/entertain/ultimate-christmas-yule-log/