ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
Memasuki era new normal, muncul hobi baru sebagai bentuk adaptasi dengan keadaan. Berbagai kegiatan yang sebelumnya dibatasi, kini mulai dilakukan kembali dengan tetap menjaga jarak dan menjalankan protokol kesehatan. Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan selama pandemi adalah bersepeda. Selain menjaga tubuh tetap aktif, bersepeda juga dapat membantu mengurangi rasa bosan dan suntuk setelah lama berada di rumah. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kamu mulai bersepeda di era new normal.

1. Lakukan pemanasan
Pemanasan penting untuk dilakukan, termasuk sebelum bersepeda. Dr. Falla Adinda mengatakan, walau tujuannya rekreasional, bersepeda melibatkan otot-otot tubuh, seperti paha, kaki, punggung, bahu, dan tangan. Untuk itu, peregangan ringan di area tangan dan kaki wajib dilakukan.[1]

2. Jaga jarak demi keamanan
Untuk mencegah penyebaran virus corona, usahakan untuk bersepeda sendirian. Menurut David Nieman, Dr.PH., direktur Human Performance Lab di North Carolina Research Campus, bersepeda dalam kelompok akan meningkatkan risiko penyebaran virus melalui droplet atau percikan air liur yang keluar dari batuk, bersin, atau bahkan berbicara dalam jarak dekat. Carilah waktu yang sepi dan rute yang jauh dari kerumunan. Kalau kamu sedang merasa tidak enak badan, tunda dulu rencana bersepeda dan istirahatlah di rumah.[2]

3. Pakai masker saat bersepeda
World Health Organization (WHO) merekomendasikan penggunaan masker di ruang publik untuk mencegah penyebaran virus corona, termasuk saat berolahraga di tempat umum.[3] Peneliti di Center for Infectious Disease Dynamics, Penn State University Matt Ferrari Ph.D. menjelaskan bahwa penggunaan masker memiliki dua tujuan: mencegah tersebarnya virus dari pengguna yang sakit, dan mencegah pengguna yang sehat menghirup virus dari pengguna yang sakit. Mengingat bahwa virus corona dapat hadir dalam tubuh orang tanpa gejala, penting bagi kita untuk memutus rantai penyebaran virus dengan mengenakan masker saat bersepeda di tempat umum.[4]

4. Jaga daya tahan tubuh
Di tengah pandemi COVID-19, Nieman menyarankan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga selama 30 hingga 60 menit per hari. Namun, Brian Labus, Ph.D., MPH, asisten profesor di School of Public Health, University of Nevada, Las Vegas menambahkan, sebaiknya pesepeda menghindari rute jarak jauh atau jangka waktu panjang selama beradaptasi di era new normal ini. Berolahraga di tengah pandemi seharusnya difokuskan untuk menjaga kesehatan, alih-alih memaksakan diri hingga jatuh sakit.[5]

    Tidak kalah penting dengan berolahraga, perlindungan juga merupakan elemen penting dalam kehidupan. FWD Critical Armor melindungi kamu dari 65 jenis penyakit kritis major dan minor, dan bisa diklaim hingga lebih dari 3 kali! Jika didiagnosis penyakit kritis major, kamu dibebaskan dari kewajiban membayar premi. Kalau sehat terus dan tidak pernah terdiagnosis penyakit kritis major? Premi kembali 100% di akhir masa asuransi!* Lihat selengkapnya di https://www.fwd.co.id/id/protect/critical-illness/critical-armor/


*Syarat & ketentuan berlaku


Sumber :