ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Penuhi ketentuan mendasar

Demi kesehatan bersama, cek terlebih dulu tingkat penularan Covid-19 di areamu dan destinasimu. Kemudian, baca-baca juga aturan perjalanan yang sedang berlaku.

Selain vaksin Covid-19, dapatkan juga vaksin flu sebagai perlindungan ekstra. Jaga kondisi tubuhmu agar tetap fit sebelum, selama, dan sesudah perjalanan.

Selalu gunakan masker dan jaga jarak. Lakukan juga tes Covid-19 sesuai dengan peraturan moda transportasi dan daerah tujuanmu.

 

2. Evaluasi penerbangan

Penerbangan yang penuh bisa membuat social distancing menjadi sulit. Ketika booking tiket, pilihlah maskapai yang menerapkan seat distancing.

Untuk penerbangan jarak jauh, hindari layover yang terlalu lama. Saat di pesawat nanti, upayakan untuk terus menggunakan maskermu ya. 

 

3. Cek kondisi kendaraan

Kalau kamu memilih untuk road trip, cek kondisi kendaraanmu ke bengkel. Keseluruhan mesin mobilmu harus dalam kondisi prima.

Periksa juga oli, aki, ban, rem, lampu, wiper, dan kelengkapan surat-surat berkendaramu. Jangan sampai ketinggalan kotak P3K dan segitiga pengaman ya.

 

4. Gadget

Dari e-ticket, sertifikat vaksin, hingga check in lokasi, gadget-mu akan selalu dibutuhkan untuk pengecekan dokumen dan kebutuhan tracing.

Oleh karena itu, selalu siap sedia power bank dan charger-mu. Jika bepergian ke luar negeri, bawa juga pin untuk mengganti SIM card-mu.

 

5. Perlengkapan kesehatan

Hand sanitizer memang ada di mana-mana, namun akan lebih baik jika kita membawa persediaan yang cukup selama perjalanan. Bawa juga tisu basah dan kering ya!

Simpanlah obat-obatanmu di dalam tas hand carry, karena koper bisa berpotensi hilang atau tertinggal.

Walau liburan, skin care tetap wajib dipakai, seperti moisturizer dan sun screen. Hujan dan indoor tetap wajib pakai sun screen ya agar kamu terhindar dari risiko kanker kulit.

 

6. Proteksi ekstra

Perlu diingat, risiko terpapar virus corona akan selalu ada. Untuk itu, siapkan juga budget ekstra, jika ternyata harus melakukan isolasi mandiri dan memperpanjang perjalananmu hingga dinyatakan negatif.

 

Selain risiko virus corona, kamu juga bisa mengurangi risiko finansial akibat kecelakaan selama perjalanan dengan asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia dengan manfaat hingga Rp1 miliar!

 

Preminya terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online. Selengkapnya di https://www.ifwd.co.id/asuransi-kecelakaan-diri/bebas-aksi

 



Sumber:

https://www.abbott.com/corpnewsroom/nutrition-health-and-wellness/during-COVID-19-here-are-5-air-travel-health-tips.html

https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2020/nov/5-tips-if-youre-flying-during-covid-19/

https://www.heremagazine.com/articles/covid-travel-tips

https://www.nytimes.com/2021/04/14/technology/personaltech/traveling-technology-coronavirus-pandemic.html

https://www.abbott.com/corpnewsroom/nutrition-health-and-wellness/during-COVID-19-here-are-5-air-travel-health-tips.html