ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Budget makanan

Meskipun budget untuk makan siang akan hilang pada bulan puasa, pengeluaran untuk makan tidak selalu berkurang. Tidak jarang, keinginan untuk makan menu istimewa atau jajanan berbuka menyebabkan budget makanan pada bulan puasa menjadi membengkak. Untuk itu, kamu perlu disiplin dengan budget makanan yang telah kamu buat.

 

2. Budget mudik

Walaupun pandemi COVID-19 masih belum berakhir, pemerintah tidak melarang berlangsungnya mudik tahun ini. Untuk kamu yang berencana mudik, kamu bisa mulai mempersiapkan budget khusus mudik, seperti transportasi, akomodasi, dan oleh-oleh. Selain itu, siapkan juga budget khusus tes COVID-19 untuk keluar masuk suatu daerah.

 

3. Budget persiapan hari raya

Agar pengeluaranmu nanti tidak berlebihan, mulai sisihkan dana untuk pengeluaran yang berkaitan dengan hari raya Idulfitri, seperti makanan, pakaian, tunjangan hari raya untuk keluarga, dan lain-lain.

 

4. Budget berbagi hampers

Berbuka bersama tampaknya masih belum memungkinkan dalam kondisi pandemi. Sebagai alternatif, kamu bisa berbuka puasa bersama secara online atau mengirimkan hampers. Sortir penerima dan pilihlah hampers yang sesuai dengan budget-mu.

 

5. Budget zakat dan amal

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk bersedekah dibandingkan bulan suci Ramadan. Bagi umat Islam, zakat fitrah dan fidyah wajib dibayarkan pada bulan Ramadan. Agar kamu tidak lupa, akan lebih mudah jika kamu memisahkan budget tersendiri untuk keperluan zakat ini.

 

Dengan budgeting yang tepat, kamu tidak perlu khawatir akan pengeluaran yang berlebihan saat Ramadan maupun Lebaran. 


Sumber: 

https://www.guesehat.com/tips-belanja-hemat-di-bulan-ramadhan

https://travel.detik.com/travel-news/d-5504101/mudik-lebaran-2021-ini-syarat-dan-ketentuannya-lengkap

https://pritaghozie.com/2018/05/19/budget-keuangan-ramadhan/

https://pritaghozie.com/2018/05/19/budget-keuangan-ramadhan/