ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai resolusi keuangan kok. Tapi mumpung saatnya tepat di awal tahun yang baru, kamu bisa menuliskan komitmen untuk tahun ini dan memulainya sekarang juga. Butuh inspirasi kira-kira resolusi keuangan apa yang bisa kamu terapkan tahun ini? Ini dia daftarnya:

 

Terbebas dari utang

 

©Shutterstock

 

Tak ada orang yang senang dikejar-kejar utang. Oleh karena itu, soal pelunasan utang ini penting sekali demi hidup yang tenang dan tenteram. Sepaket dengan pelunasan utang, tidak menambah utang juga bakal membuat hidupmu di tahun yang baru ini terasa lebih lega.

 

Meski terasa berat, awali tahun ini dengan komitmen membayar semua utang sampai tuntas. Yang penting urusan keuangan yang sensitif ini bisa terselesaikan terlebih dahulu. Barulah kamu bisa memulai komitmen yang lain.

 

Menabung lebih banyak

 

©Shutterstock

 

Yang satu ini pasti jadi resolusi banyak orang. Tetapi apa yang diangan-angankan biasanya bubar jalan bahkan sebelum bulan pertama di awal tahun terlewati. Itu karena resolusi “menabung lebih banyak” hanya sekedar konsep.

 

Akan lebih mudah untuk mencapai resolusi jika diperinci lebih detil. Misalnya: investasi 20 persen dari gaji bulanan, menabung Rp 500 ribu tiap bulan untuk tabungan darurat atau menabung untuk membeli laptop idamanmu yang harus terbeli di akhir tahun nanti. Perincian ini akan memudahkanmu fokus mencapai goal-mu.

 

Lebih hemat

 

©Shutterstock

 

Resolusi keuangan yang ini memang sangat menantang, tapi kamu pasti bisa melakukannya. Jangan biarkan kata-kata “hemat” jadi sekedar konsep di kepala saja. Wujudkan dan yang penting adalah disiplinkan diri menjalaninya.

 

Salah satu cara agar tidak boros adalah dengan membuat daftar belanjaan bulanan sehingga tidak tergoda membeli hal-hal lain saat belanja di minimarket. Selain itu, buatlah batasan anggaran untuk tiap kebutuhan anggaran keuangan, termasuk untuk budget jajan. Jangan berusaha melampaui batasan yang sudah kamu tentukan sendiri.

 

#BeraniBeda dari tahun lalu? Bagaimana jika kita berhemat dengan cara rutin membawa bekal makan dari rumah dan mengurangi pembelian air minum dengan membawa botol minum sendiri? Atau buat kopi sendiri dari rumah? Hal-hal kecil ini bisa membantumu berhemat lebih banyak.

 

Bagaimana? Apakah hal-hal di atas menginspirasimu untuk memulai resolusi tahun baru? Semoga seluruh resolusimu di tahun ini berhasil terwujud ya!