ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Di sisi lain, ada banyak pilihan tabungan yang bisa dipilih. Kamu bahkan bisa #BeraniBeda untuk bikin resolui keuangan 2019, yaitu berinvestasi dari sekarang. Tak perlu khawatir soal besarnya modal yang diperlukan, karena pada kenyataannya ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih dengan dana rendah, sehingga bisa diikuti oleh pekerja dengan gaji UMR sekalipun.

Tak percaya? Berikut beberapa jenis investasi yang bisa dipilih untuk orang yang berpenghasilan pas-pasan.

Emas



© pixabay

Sejak lama emas dipilih sebagai salah satu instrumen investasi. Harga emas yang stabil membuat emas jadi pilihan investasi favorit, bahkan untuk orang-orang dengan penghasilan pas-pasan. Pilihlah emas batangan yang tersedia dalam beragam pecahan, dari 1 gram hingga 1.000 gram. Dibandingkan perhiasan, emas batangan memiliki harga lebih stabil. Kamu bisa memilih emas pecahan 1 gram untuk dibeli secara rutin setiap bulan.

Reksa Dana


© pixabay

Barangkali kamu sudah mendengar istilah reksa dana berulang kali. Namun, tahukah kamu apa sebenarnya reksa dana itu? Lewat reksa dana uang yang kamu tabungkan di bank, akan diinvestasikan ke beragam produk investasi lewat pihak ketiga, seperti perusahaan manajemen investasi. Kamu bisa membeli reksa dana dari harga ratusan ribu Rupiah saja. Hanya, kamu perlu melakukan pembelian tersebut secara rutin setiap bulannya, agar keuntungan yang diperoleh lebih besar.


Tabungan Berjangka


© pixabay

Seperti namanya, lewat tabungan berjangka, kamu bisa berinvestasi dalam wujud tabungan dengan durasi waktu tertentu. Biasanya tabungan berjangka memberikan tenor dari 1, 5, 10 hingga 20 tahun, mengikuti kebijakan masing-masing lembaga keuangan atau perbankan yang menerbitkan.

Bedanya dengan tabungan biasa, kamu bakal dikenai pinalti alias denda jika mengambil dana sebelum berakhir masa jatuh temponya. Menariknya lagi, beberapa bank membolehkan nasabah membuka tabungan berjangka dengan dana mulai Rp100 ribu. Jadi, kamu tak perlu khawatir mengalokasikan banyak dana setiap bulannya, untuk berinvestasi menggunakan instrumen ini.

Deposito


© pixabay

Produk investasi ini sangat cocok dengan investor pemula. Selain memiliki risiko sangat rendah, deposito memiliki suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Nilainya bahkan dijamin lebih baik, sehingga kamu sebagai nasabah bisa mendapatkan manfaatnya. Di samping itu, deposito tak mudah terpengaruh gejolak pasar, sehingga cenderung stabil. Kamu bisa memanfaatkan dana yang terkumpul dari tabungan berjangka, untuk investasi deposito.

Apabila salah satu atau bahkan keseluruhan jenis investasi tersebut dapat kamu lakukan secara rutin, maka dengan modal rendah pun suatu saat keuntungannya bisa kamu rasakan secara langsung. Makanya jangan lagi ragu untuk memulai investasi, karena sekecil apapun jumlahnya, hasilnya akan tetap berguna di kemudian hari.