ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Rinci pengeluaran

Catat setiap pengeluaran untuk liburanmu, dari hotel hingga tiket transportasi. Buatlah juga rincian biaya yang dikeluarkan sebelum berangkat, misalkan paspor dan visa, vaksinasi, sepatu hiking, mantel hingga sunscreen.


Lalu, hitung juga perkiraan biaya yang dibutuhkan saat liburan, seperti makan dan minum, transportasi, atraksi (taman hiburan, tempat wisata, atau museum) hingga suvenir.

 

2. Review pengeluaran

Dengan perkiraan tadi, kamu akan mendapatkan kisaran berapa uang yang diperlukan untuk liburanmu. Nah, jika jumlahnya di luar budget awalmu, coba deh untuk cari alternatif yang lebih murah, misalkan liburan saat low season.


Trik lainnya, kamu bisa tunggu travel fair atau promo tanggal kembar. Lalu, bandingkan juga harga di beberapa online travel agency. Untuk menghemat biaya makan, kamu bisa coba cari-cari review restoran di daerah tujuan dengan harga bersahabat.

 

3. Siapkan dana darurat

Untuk berjaga-jaga menghadapi situasi tak teduga, seperti kartu kredit hilang atau tas dicopet, upayakan untuk menyimpan uang tunai di beberapa tempat. Pastikan jumlahnya cukup untuk biaya makan dan hotel selama beberapa hari.


Jika memungkinkan, siapkan juga budget tiket transportasi lebih untuk mengantisipasi kondisi darurat, seperti pulang lebih cepat atau ketinggalan pesawat.

 

4. Mulai menabung

Liburan bisa jadi pengeluaran besar yang mengganggu arus kasmu. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menabung terlebih dulu.


Siapkan pos terpisah di reksa dana atau bank digitalmu ya agar uang tidak terpakai untuk hal lainnya.

 

5. Miliki asuransi

Nah, agar kamu gak was-was dengan risiko tak terduga di jalan, seperti cedera atau kecelakaan, milikilah asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia.

 

Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!

 

Kunci liburan yang tenang adalah persiapan yang matang. Selama berwisata nanti, pastikan untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya! Semoga perjalananmu lancar dan kamu kembali dalam keadaan sehat, passionate people