ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tamagoyaki


©norecipes

Telur jadi bahan makanan yang wajib ada dalam dapur untuk menemani menu sahur maupun berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat dan tinggi nutrisi, telur juga mudah diolah menjadi berbagai lauk. Jika sudah bosan dengan orek telur atau dadar yang itu-itu saja, jajal telur ala Jepang yang dikenal dengan tamagoyaki.

Siapkan 3 telur ayam, lalu kocok dengan tambahan garam dan kaldu ayam. Siapkan wajan panas lalu tuang sedikit kocokan telur dan masak seperti telur dadar tipis. Masih di atas wajan, gulung lalu tuangkan kocokan telur di ruang yang ada, gulung kembali. Ulangi hingga kocokan telur habis lalu goreng sisi-sisinya agar kecoklatan. Angkat dan potong sesuai selera, bisa dinikmati dengan saus tomat atau sambal, maupun dimakan bersama mie atau nasi goreng.

 

Telur Dadar Fluffy


©eggrecipes

Masih setia dengan bahan telur yang mudah didapat dan harganya cukup murah, kali ini olah menjadi telur dadar fluffy yang penampilannya menggemaskan. Soal rasanya pun tak perlu diragukan karena lembut dan gurih. Cara pembuatannya nggak perlu trik khusus dan dapat diselesaikan dalam hitungan menit, sehingga cocok dijadikan menu darurat saat waktu sahur tak banyak tersisa.

Pertama pisahkan kuning dan putih telur ke dua mangkuk yang berbeda. Kocok putih telur hingga kaku lalu kocok kuning kuning sebentar. Masukkan kuning telur ke dalam kocokan putih telur, aduk perlahan. Siapkan wajan yang sudah diberi minyak goreng, tuang perlahan kocokan telur lalu tutup hingga telur matang dan mengembang. Sajikan dengan nasi hangat untuk menu sahur darurat.

 

Sup Sayuran Putih Telur


©cookpad

Membicarakan sup mungkin sudah terbayang ribetnya persiapan, mulai dari mempersiapkan sayuran, membuat bumbu dasar, hingga menunggunya untuk matang. Tenang, sup sayuran putih telur yang praktis dan bebas ribet ini bakal jadi menu sahur yang lezat, bernutrisi, dan tentunya mengenyangkan.

Pertama, siapkan sayuran yang akan digunakan seperti wortel dan buncis yang dipotong kecil-kecil. Untuk menghemat waktu, persiapkan semalam sebelumnya lalu simpan dalam kulkas. Geprek bawang putih dan cacah, lalu tumis dengan minyak goreng hingga wangi. Masukkan air dan didihkan, lanjutkan dengan memasukkan sayuran, garam, kaldu bubuk, dan merica. Tambahkan larutan maizena dan aduk perlahan, lalu tambahkan putih telur sambil terus diaduk. Mudah, kan?

Bangun terlambat jangan dijadikan alasan tak sempat makan sahur, siapkan menu darurat yang mudah dibuat, lezat, dan sehat ini.