ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Saat sakit menyerang, kamu nggak akan bisa beraktivitas di luar rumah seperti biasanya. Sakit ketika musim hujan juga susah untuk disembuhkan. Pasalnya, cuaca yang nggak mendukung malah akan membuatmu sakit yang kamu derita semakin parah.

Sebaiknya, kamu lebih menjaga diri dengan mengatur pola makan, rajin berolahraga, dan tidur yang cukup. Selain hal-hal tersebut, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan khusus untuk menjaga daya tahan tubuhmu selama musim hujan. Kamu nggak mau kan jadwal kerja berantakan karena sakit yang tiba-tiba menyerang? Berikut rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh di musim hujan!


1.      Sup Ayam


selection.ca

Masih ingat waktu kecil dulu, ibu selalu membuatkan sup ayam ketika sakit? Selain hangat dan lezat, sup ayam juga kaya akan nutrisi. Sup ayam berisi sayuran, seperti wortel, kentang, dan seledri. Sup ayam juga menggunakan bawang putih dalam pembuatannya. Bawang putih memiliki kandungan alisin, yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Kamu yang malas minum air putih juga akan terhidrasi kuah dari sup ayam.

 

2.      Sayur Bayam


craftlog.com

Saat musim hujan, kamu harus mencoba mengkonsumsi sayur bayam. Nggak hanya segar, sayur bayam kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sayur bayam juga dapat membantu tubuh untuk menaikkan sistem imun agar tidak terkena infeksi. Asam folat di dalam sayur bayam juga dapat memperbaiki DNA. Setelah memasak sayur bayam, kamu harus segera menyantapnya. Sayuran ini nggak boleh dipanaskan karena kandungan nitrat dalam bayam akan berubah menjadi nitrit. Ketika hal tersebut terjadi akan berdampak pada berkurangnya transport oksigen oleh hemoglobin.

 

3.      Brokoli

 

simplyrecipes.com

Siapa yang menyukai sayuran berwarna hijau dengan bentuk unik ini? Brokoli mengandung mineral, vitamin A, C, dan E, serta serat pangan. Kandungan vitamin E pada brokoli juga berfungsi sebagai molekul antioksidan. Nggak heran, makanan satu ini dapat menjaga daya tahan tubuhmu di kala musim hujan.

 

Brokoli dapat dimasak dengan mudah. Kamu hanya perlu merebus atau mengukus sayuran satu ini. Jangan terlalu lama merebusnya agar brokoli nggak kehilangan kandungan vitamin dan mineral. Kamu juga dapat mengkonsumsinya secara langsung setelah dicuci, lho! Jika dinikmati langsung, brokoli memiliki kadar nutrisi yang jauh lebih banyak.

 

4.      Teh Hijau


health.harvard.edu

Teh hijau memiliki antioksidan tinggi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam senyawa flavonoid. Selain itu, di dalam teh hijau juga ditemukan kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu bisa menemukan teh hijau yang sudah dijual dalam bentuk kantung di pasaran dan tinggal diseduh di rumah. Kamu juga bisa membeli daun teh hijau yang harus disaring terlebih dahulu saat diseduh. Namun, daun teh hijau dianggap lebih manjur untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena masih alami.


5.      Jeruk


dailymail.co.uk

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Jeruk dapat meningkatkan level sel darah putih yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, lho! Selain jeruk, kamu juga dapat mengkonsumsi buah anggur, lemon, tangerine, dan jeruk nipis sebagai alternatif lainnya.

 

Itu tadi rekomendasi makanan yang dapat menjaga daya tahan tubuh di musim hujan! Jangan lupa untuk mengkonsumsinya ya!