ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Menikmati ilmu Sains tidak harus dengan mengikuti penelitian ilmiah serius atau membaca buku pelajaran yang bahasanya sangat teknis. Ada banyak jenis buku dan bacaan sains populer yang tidak kalah menarik dan meningkatkan rasa ingin tahu. Setidaknya, coba deh satu dari sekian rekomendasi buku sains populer ini sekali dalam seumur hidup.

 


https://s4.bukalapak.com

 

Serial Buku Komik 'Why?'

Kalau ingin membangun rasa cinta dengan sains tak harus pintar dari pelajaran dasar sains seperti fisika, kimia, dan biologi. Kita bisa dengan mulai membaca jenis sains populer seperti serial komik bertajuk 'Why?' ini. Kenapa ini jadi rekomendasi untuk dibaca sekali dalam seumur hidup?

 

Komik 'Why?' sendiri didesain untuk menjelaskan berbagai hal ilmiah dalam format komik, artinya buku ini bisa dinikmati hampir untuk semua kalangan, bahkan anak usia SD. Alur cerita dalam komik ini juga tidak membosankan dan cara menjelaskannya pun mengandalkan logika sederhana. Dalam komik ini, pembaca juga akan dikenalkan dengan beberapa istilah sains sehingga menjadi lebih akrab untuk bacaan selanjutnya. Komik 'Why?' sendiri awalnya memang didesain sebagai bacaan sains populer untuk anak-anak, tetapi untuk orang dewasa yang mulai ingin mendalami sains juga tidak ada salahnya memulai dari bacaan seperti ini.

 

Dikarenakan komik serial, buku ini membahas banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan sains - hingga pada fenomena sederhana yang mungkin terbesit dalam pikiran anak-anak. Pembaca bisa memilih fenomena apa yang ingin dibaca dan diulas dalam penjelasan ilmiah sederhana. Ada puluhan (mungkin sekarang sudah sampai ratusan) serial komik 'Why?' yang bisa didapatkan untuk dibaca dan dijadikan koleksi.

 

 

https://ecs7.tokopedia.net

 

Novel 'Teka-Teki Terakhir'

Sains tidak hanya untuk pelajaran semata. Pembaca bisa lebih liar berfantasi dengan membaca novel yang mengusung tema sains, misalnya novel bertajuk 'Teka Teki Terakhir' karya Annisa Ihsani. Sst. Novel ini bahkan masuk dalam kategori novel teenlit yang artinya novel ini setingkat untuk bacaan hiburan bagi remaja. Penyajian cerita dalam novel ini relatif ringan dengan konflik yang tidak berlebihan, cocok untuk pembaca yang ingin mulai bermain fantasi dengan sains melalui kisah fiksi.

 

Novel ini menceritakan tokoh utama bernama Laura Welman, seorang siswi SMP yang selalu mendapatkan nilai nol dalam kuis Matematika. Pandangan dan kemampuannya akan Matematika mulai berubah menjadi lebih baik ketika ia akhirnya bertemu dengan pasangan suami istri James dan Eliza Maxwell, profesor Matematika yang memiliki passion dan obsesi terhadap penelitian yang berhubungan dengan pelajaran angka tersebut. Cerita dalam novel ini bisa dibilang tidak terlalu rumit namun berhasil membuat sebuah bahasan sains menjadi topik yang menarik.

 

 

www.nationalgeographic.com

 

Majalah 'National Geographic'

Suka dengan fenomena sains yang kini sedang hit? Jangan ketinggalan informasi terbarunya dengan selalu meng-update diri membaca informasi terbaru melalui majalah National Geographic. Nama satu ini mungkin sudah tidak asing bagi pembaca ya. National Geographic sendiri lebih sering dikenal sebagai salah satu channel televisi yang menampilkan kehidupan alam semesta. Lebih asyik, majalah ini ada dalam versi internasional maupun versi Indonesia saja. Tentu pembahasan di dalamnya berbeda, namun dengan adanya pembedaan ini membuat kedalaman konten di dalamnya lebih terjaga. Kalau ingin sekaligus melatih kosakata dan kemampuan membaca bahasa Inggris, kita bisa menggunakan opsi membaca majalah ini dalam versi internasional.

 

Majalah National Geographic sendiri berisi konten baik artikel maupun foto. Bagi sebagian orang yang menggilai fotografi, mereka pasti sudah mengetahui pasti kalau para fotografer majalah ini tidak main-main dalam memotret momen. Mereka bukan hanya mengabadikan suatu momen tetapi juga memasukkan seni fotografi di dalamnya sehingga menjadi gambar yang epic. Jadi majalah ini bukan hanya untuk kita yang ingin mulai mendalami sains tetapi juga menghibur dan sebagai referensi dokumentasinya yang tidak main-main.

 


https://2.bp.blogspot.com

 

Novel 'Sapiens: A Brief History of Humankind'

Satu lagi jenis novel bertemakan sains yang boleh dicoba untuk dibaca, setidaknya satu kali seumur hidup. Judulnya Sapiens: A Brief History of Humankind. Novel karya Yuval Noah Harari ini, sesuai judulnya, membahas mengenai sejarah evolusi manusia. Terbagi dalam empat bagian pembahasan mengenai revolusi dan satu bab penutup, novel ini akan membuka pandangan pembaca yang dulunya mungkin hanya mengenai teori evolusi manusia versi Charles Darwin menjadi teori evolusi yang lebih kompleks karena perkembangan sains dan teknologi itu sendiri.

 

Untuk bacaan sains populer bagi orang yang memiliki hanya sedikit landasan pengetahuan sains, bacaan ini mungkin relatif berat. Di samping karena tebalnya buku ini, juga pembahasan mengenai revolusi yang terjadi di masa lampau mungkin bisa jadi membosankan. Tapi kalau memang tertarik dengan bahasan sains populer, novel ini sangat worth it untuk dibaca setidaknya satu kali dalam seumur hidup.

 

Beberapa rekomendasi buku sains populer di atas hanya rekomendasi berdasarkan bacaan yang beredar di Indonesia. Bisa jadi kamu punya rekomendasi buku sains populer yang tidak kalah menarik untuk dibaca pembaca lainnya. Kalau memang ada, coba tulis di kolom komentar di bawah ya untuk bertukar informasi mengenai bacaan sains ringan yang bisa menambah wawasan.