ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Liwetan


©mmsp2013

Beberapa waktu lalu sempat muncul tren baru, yakni makan beramai-ramai beralaskan daun pisang dengan lauk pauk yang disusun berjajar. Liwetan atau ngliwet ini ternyata merupakan kebiasaan yang telah ada dari zaman dahulu. Sering kali dilakukan saat ada slametan atau syukuran di pesantren atau desa. Menurut pakar kuliner Linda Farida Rahmat, tradisi ini berasal dari Solo dan sudah dilakukan dari zaman kerajaan saat melakukan upacara jamuan. Wah, ternyata kebiasaan yang sudah ada dari ratusan tahun lalu bisa kembali menjadi tren seperti sekarang ini.

Liwetan sendiri bukanlah cara makan, namun proses memasak nasi menggunakan  dandang atau ketel. Bedanya, beras saat ngeliwet ditambahkan bumbu seperti daun salam dan garam agar menciptakan rasa gurih yang berbeda. Penyajiannya pun biasanya ditambahkan ikan teri dan cabe. Untuk lauk pauk, biasanya menyesuaikan dengan daerah di mana liwetan diadakan. Untuk masyarakat Jawa Barat, biasanya menggunakan ikan bakar hingga karedok. 

 

Tumpengan


©bloggerbaper

Tumpengan merupakan salah satu kuliner Indonesia yang selalu ada dalam setiap acara syukuran atau kenduri dalam bahasa Jawa. Bahkan, menu ini pada tahun 2013 dinobatkan menjadi salah satu dari 30 ikon kuliner Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif Indonesia. Disajikan pada sebuah nampan, nasi kuning kerucut dan aneka lauk pauk ternyata tumpeng ini punya arti yang begitu mendalam, lho!

Tumpeng dalam bahasa jawa ternyata singkatan dari ungkapan 'yen metu kudu mempeng’. Dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat'. Nggak heran jika tumpeng menjadi hidangan sebagai ungkapan rasa syukur atau kebahagiaan.

Nasi tumpeng pun sering kali muncul dalam perayaan kemerdekaan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan atas segala yang dilimpahkan pada negara tercinta. Arti dari nasi kerucut pada tumpeng sendiri adalah harapan baru agar hidup selalu sejahtera. Wah, saat perayaan kemerdekaan nanti boleh nih kita selametan pakai tumpeng.

Dari kedua hidangan di atas, mana nih yang menjadi pilihanmu merayakan hari kemerdekaan nanti? Keduanya 'Indonesia banget' kok, karena sama-sama mengedepankan kebersamaan, saling bergotong-royong biarpun dalam perbedaan. Indah banget ya!