ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Perhatikan asupan makanan

Nutrisi, seperti lemak omega 3, protein, dan zat besi berkontribusi pada kesehatan dan kemilau rambutmu, lho! Nah, untuk rambut yang tebal, konsumsilah makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi, seperti kacang-kacangan.

Tak hanya itu, makanan kaya akan omega 3 dan vitamin E, seperti telur, chia seed, salmon, dan walnut juga bisa membantu menjaga rambut dari kerusakan akibat sinar matahari.

 

2. Pilih produk sesuai tipe rambut

Bukan sekadar gimmick, produk rambut dibuat sesuai dengan kondisi rambut kamu, baik kering, berminyak, normal, dicat, atau berketombe.

Agar rambutmu sehat, gunakanlah shampoo dan conditioner yang sesuai, ya! Lalu, bilaslah rambut dengan air dingin untuk menjaga kelembapannya. 

 

3. Hindari mengeringkan rambut secara berlebihan

Penelitian menunjukkan, permukaan rambut menjadi rusak saat suhu hair dryer meningkat.

Jika harus menggunakan hair dryer, pakailah dengan suhu terendah dengan jarak sekitar 15 cm untuk mencegah kerusakan. Lalu, keringkan dengan memindahkan alat ke berbagai sisi rambut.

 

4. Lindungi dari matahari

Ternyata, matahari juga bisa merusak rambut dan kulit kepala, lho! Rambut yang dicat dapat berubah warna, dan kulit kepala pun terbakar.

Untuk menjaga dari serangan matahari, gunakanlah topi atau produk rambut yang mengandung SPF!

 

5. Jangan skip conditioner

Walaupun sibuk, conditioner setelah shampoo adalah tahapan wajib setiap keramas! Conditioner dapat menambah kilau dan memperkuat rambutmu.

Kalau kamu rajin berenang, pakailah conditioner sebelum terjun ke kolam, agar rambutmu tidak kering.

 

6. Gunakan masker rambut

Selain memakai shampoo dan conditioner, gunakan masker rambut minimal satu kali dalam seminggu. Tujuannya adalah memperkuat helaian rambut, meningkatkan elastisitas, memperbaiki rambut, sekaligus melindunginya dari kerusakan lebih lanjut.

 

7. Rutin potong rambut

Untuk menghindari kerusakan rambut, potonglah rambut setiap 6–8 minggu. Cara ini bisa membantu rambut tetap kuat dan terlihat sehat!

 

8. Pakai sarung bantal sutra atau satin

Permukaan sutra dan satin yang halus dapat mengurangi gesekan pada rambut, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan!

 

Tentunya, kita ingin menjaga tubuh, dari ujung kepala hingga kaki, tak hanya untuk estetika, tetapi juga untuk kesehatan. Kamu bisa terus jalani hari tanpa perlu khawatir dengan masalah kesehatan, apalagi soal biayanya dengan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!