ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tahukah kamu, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat pikiran tetap sehat dan menjaga hidup tetap seimbang. Penasaran? Untuk membuat hidup lebih bahagia, coba biasakan bermeditasi. Tak perlu bingung, berikut beberapa tips sederhana meditasi bagi pemula.

Pilih Titik Meditasi yang Tenteram


©Shutterstock

Sebenarnya meditasi bisa dilakukan di mana saja, namun bagi pemula sangat disarankan untuk memilih tempat yang tenang. Tujuannya, agar pikiran dan konsentrasi tak mudah terdistraksi karena bagi mereka yang belum terbiasa bermeditasi, kemungkinan terganggu oleh hal-hal kecil jauh lebih besar.

Jauhkan Ponsel


©Shutterstock

Masih berhubungan dengan poin di atas, sebaiknya saat sedang bermeditasi sebisa mungkin jauhkan smartphone. Meski sepele, tapi harus diakui jika ponsel merupakan sumber distraksi terbesar yang harus diantisipasi saat sedang bermeditasi. Manfaatkan smartphone hanya untuk keperluan meditasi kamu, misalnya sebagai timer agar kamu bisa mengontrol lama bermeditasi.

Gunakan Baju dan Alas yang Nyaman



©Shutterstock

Aspek lain yang juga tak boleh disepelekan saat bermeditasi adalah kenyamanan. Untuk itu, perhatikan dengan saksama pakaian yang hendak kamu pakai. Selain itu, tak lupa pilih juga alas duduk yang nyaman agar konsentrasi saat bermeditasi dapat tetap terjaga.

Perhatikan Postur dan Posisi Duduk



©Shutterstock

Ada beberapa cara yang dianjurkan, seperti duduk, berdiri, berbaring, atau bahkan berjalan. Namun, bagi para pemula amat disarankan untuk memilih meditasi dengan posisi duduk. Selain karena lebih mudah, opsi ini lebih mudah dilakukan bagi yang belum terlatih. Ada tiga posisi duduk termudah yang bisa dipilih, di antaranya adalah Posisi Teratai Penuh, Posisi Setengah Teratai, dan Posisi Duduk Biasa.

Junjung Konsistensi


©Shutterstock

Keseimbangan yang dijaga dengan meditasi harus dilakukan dengan penuh konsistensi. Maka dari itu, pastikan kamu memasukkan aktivitas penenang pikiran tersebut sebagai salah satu agenda wajib harian. kamu bisa melakukannya tiap pagi dan sore atau siang dan malam. Sesuaikan saja dengan agenda dan ketersediaan waktu.

#PilihYangBeda buat menghilangkan stres kamu. Coba meditasi secara rutin dan rasakan sendiri manfaatnya!