ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Muay Thai


©stocksnap

Olahraga bela diri dari Thailand ini sedang trending di Indonesia. Gerakannya begitu kompleks, mengharuskan siku, lengan, kepalan tangan, hingga ujung kaki untuk terus bergerak. Untuk setiap latihan, kamu bisa membakar sebanyak 700 sampai 1.200 kalori, lho. Jangan heran kalau keringat mengucur deras setelah latihan selesai.

Muay Thai bagus untuk melatih paru-paru, jantung, dan otot-otot, serta membentuk tubuh agar lebih ramping. Badan yang lentur juga akan membuatmu terhindar dari berbagai penyakit sendi, serta jadi lebih sigap.

Tinju


©stocksnap

Dulu, Mike Tyson, Evander Holyfield dan Muhammad Ali membuat tinju terkesan hanya untuk orang yang ditakdirkan untuk bertarung di atas ring. Tapi kini, semua orang bisa berlatih tinju. Banyak gym yang menyediakan boxing sebagai salah satu menu latihan.

Tinju melatih kekuatan otot tubuh, dari kepala sampai kaki. Otot leher, bahu, perut, hingga kaki akan dimaksimalkan, serta membuat tubuh jadi lebih ramping.

Krav Maga


©pixabay

Pada dasarnya, Krav Maga adalah bela diri yang dimiliki oleh militer Israel. Mengingat makin banyak peminat olahraga ini, latihan militer ini pun kemudian ‘dikonversi’ agar bisa dinikmati oleh masyarakat biasa.

Krav Maga menekankan serangan pada titik-titik vital, seperti leher, kelamin, atau mata. Latihan ini bisa diikuti oleh siapa saja. Selain bikin tubuh kuat, kamu jadi lebih terlatih ketika terjebak dalam situasi yang mengancam keselamatanmu.

Brazilian Jiu-Jitsu


©unsplash

Jujutsu, atau Jiu-Jitsu sebenarnya adalah bela diri dari Jepang. Tapi dalam perkembanganya, olahraga ini juga disebut Brazilian Jiu-Jitsu. Diperkenalknan oleh Royce Gracie, Brazilian Jiu-Jitsu ini menekankan bela diri dengan teknik grappling untuk melumpuhkan lawan.

Dibutuhkan fokus tinggi saat melakukan olahraga ini karena harus memanfaatkan kelemahan lawan. Teknik-tekniknya juga nggak sembarangan. Tapi begitu dilancarkan di saat yang tepat, musuh akan langsung tidak berdaya.

Muay Thai, Boxing, Krav Maga, atau Brazilian Jiu-Jitsu. Mana yang lebih baik? Kalau belum pernah coba, saatnya pilih yang paling sesuai dengan passion kamu. Semangat membuat tubuh makin fit, ya!