ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Menjadi anak kos memberikan keuntungan tersendiri lho untuk diet! Kamu nggak lagi tinggal serumah dengan mama yang jago masak. Potensimu untuk nggak tergoda makanan kesukaan pun menjadi lebih berkurang. Kamu nggak akan diingatkan untuk makan 3 kali sehari yang dapat membuatmu gemuk. Menjadi anak kos berarti mengatur segalanya sendiri.

Jika kesusahan dalam mengatur budget untuk diet, kamu bisa mengganti menu makanan diet-mu dengan yang lebih murah, nih! Siapa bilang diet harus mahal dan nggak cocok untuk anak kos? Berikut pilihan makanan diet buat anak kos yang nggak menguras kantong!


1.      Oatmeal

foolproofliving.com

Oatmeal memiliki harga yang murah, lho! Membeli satu bungkus oatmeal memang terasa mahal. Namun, kamu bisa menggunakannya berkali-kali. Oatmeal harus dimasak dengan bantuan air untuk membuatnya siap dinikmati. Kamu bisa membeli satu bungkus oatmeal yang awet dinikmati hingga satu bulan lamanya, lho!

 

Oatmeal bisa dipergunakan sebagai pengganti nasi atau karbohidrat kompleks lainnya yang biasa kamu konsumsi. Makanan satu ini dapat dikombinasikan dengan buah untuk sensasi rasa manis atau pun sayur dan protein untuk menikmatinya dengan rasa gurih. Oatmeal dapat membuatmu kenyang lebih lama dan baik untuk kesehatan jantung serta usus, lho!


2.      Roti Gandum


bigoven.com

Roti gandum nggak mahal ketika kamu menghabiskan satu bungkus roti dengan tepat waktu. Roti memang nggak bisa lama-lama disimpan karena waktu kadaluarsanya yang nggak terlalu lama. Kamu bisa menjadwalkannya dua hingga tiga hari penuh untuk khusus makan roti gandum. Roti gandum bisa dimakan langsung atau pun dibuat sandwich.

 

Jika menikmati roti gandum hingga habis, dijamin kamu akan jauh lebih hemat daripada sering jajan manis di pinggir jalan. Selain akan membuat diet-mu gagal, jajanan tersebut jika diakumulasi nominalnya bisa nggak terduga, lho!


3.      Telur Rebus


thekitchn.com

Telur rebus adalah jenis lauk yang murah, apalalagi bila dibeli secara kiloan. Kamu bisa menikmatinya dengan menambahkan garam atau merica. Menikmati telur rebus secara langsung juga enak, lho! Makanan satu ini nggak akan membuatmu gemuk. Bahkan, dalam diet keto, seseorang diperbolehkan menikmati hingga 25 telur rebus dalam sehari.


4.      Tahu dan tempe rebus


seriouseats.com

Tahu dan tempe adalah dua lauk yang dikenal murah. Mengolahnya dengan direbus dapat menjadi alternatif saat diet, nih! Nggak hanya dibumbui dan direbus, kamu juga bisa membuat sup berbahan dasar tahu dan tempe. Selain hemat, kamu bisa sekaligus menurunkan berat badan, lho!


5.      Sayuran hijau


goodtoknow.co.uk

Sayuran hijau dibanderol dengan harga relatif murah, apalagi jika kamu membelinya di pasar tradisional. Kamu bisa mendapatkan satu ikat sayuran dengan harga di bawah 5000, bahkan lebih murah. Sayuran memiliki kandungan serat yang akan membuat kenyang lebih lama serta mencegah sembelit. Nggak heran, sayuran hijau dianggap sebagai salah satu makanan yang cocok dinikmati ketika diet.

 

Dari berbagai pilihan menu makanan diet murah di atas, sebagai anak kosan, yang mana sih menu yang akan kamu coba?