ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.      Bicarakan pendapatan kalian dengan terbuka dan tanpa rahasia



unsplash

 

Membangun impresi yang baik memang penting dalam memulai suatu hubungan. Jika pasanganmu terlihat menjanjikan namun enggan membicarakan penghasilan, ada baiknya kamu bertanya sebelum kalian berlanjut ke hubungan yang lebih serius. Kadang-kadang, pasanganmu bisa berbohong dengan meninggikan pendapatannya agar kamu merasa bangga. Tetapi di kehidupan nyata, hal ini akan jadi bumerang bagi kalian berdua dalam pernikahan.

 

Selain menanyakan pendapatannya, kamu juga wajib membuka diri tentang pendapatanmu, ya! Katakan nominal yang sebenarnya, tanpa rahasia sama sekali. Termasuk potongan angsuran yang ia harus bayar, dan tambahan bonus gaji. Hal ini penting kamu ketahui agar kalian memiliki rencana pengeluaran yang terencana ketika menikah nanti. Kalau pendapatannya masih lebih besar pasak daripada tiang, kamu harus bertindak realistis dan memikirkan ulang rencanamu untuk menikah.

 

2.      Tanyakan hutang yang ia miliki dengan detail

 

unsplash

 

Banyaknya gaji tidak selalu sebanding dengan jumlah uang yang dimiliki. Bisa saja, pasanganmu terlalu banyak menghabiskan uangnya untuk membayar hutang. Meskipun sering dianggap memalukan, berhutang adalah hal yang wajar. Kamu dan pasanganmu harus membicarakan hutang dengan detail dan tanpa rahasia.

 

Detail dari hutang yang kamu perlu tanyakan, meliputi bunga hingga jangka waktu. Dari situ, kalian bisa memikirkan bagaimana caranya melunasi hutang yang dimiliki sehingga bisa segera mencapai financial freedom. Pernikahanmu akan terasa lebih melegakan saat kamu dan pasangan tidak memiliki tanggungan hutang, lho!

 

3.      Berapa banyak uang yang ia keluarkan untuk gaya hidup dan hobi

 

unsplash

 

Pertanyaan ini sangat penting dan nggak boleh dilewatkan. Kamu harus mendapatkan pasangan hidup yang bisa mengatur keuangannya dengan baik. Jangan sampai, gajinya habis untuk memenuhi gaya hidup saja! Setelah berkeluarga, kalian akan memikirkan property hingga masa depan anak-anak. Maka, sebaiknya kamu pahami betul bagaimana cara pasanganmu menghabiskan uangnya untuk memuaskan diri.

Banyak pasangan menikah yang berakhir cerai hanya tidak memahami cara pasangan menghabiskan uang untuk hobi. Padahal, pasanganmu nggak bisa berpura-pura seumur hidup untuk lebih memprioritaskan hobinya daripada kamu, kan?

 

4.      Bagaimana rencana tabungan pasca pernikahan

 

unsplash

 

Menabung sebelum dan sesudah menikah adalah dua perkara berbeda. Ada beberapa pasangan yang memilih untuk memiliki satu tabungan bersama. Tujuannya agar mereka saling terbuka masalah keuangan. Kamu perlu menanyakan ini kepada pasanganmu, termasuk apa yang akan terjadi pada tabungan bersama kalian apabila suatu saat nanti harus bercerai?

 

Kalau kamu dan pasangan tidak mau memiliki tabungan bersama juga nggak masalah, kok! Asalkan kalian sudah membicarakannya di awal sehingga menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi setelah menikah.

 

5.      Pengaturan keuangan keluarga

 

unsplash

 

Sebelum menikah, kalian sudah harus membuat rencana sedetail mungkin tentang pengaturan keuangan keluarga. Meskipun saat ini masih belum ingin memiliki anak, kalian tetap harus membicarakan mengenai biaya untuk anak. Mulai dari perawatan kesehatan hingga pendidikan adalah hal krusial yang harus dibicarakan sebelum menikah.

 

Apa lagi poin pertanyaan yang ingin kamu tambahkan? Pastikan kamu dan pasangan sudah siap secara keuangan sebelum menjalankan pernikahan, ya!